Isi Perut Dinosaurus Pemakan Tumbuhan Terungkap, Seperti Apa?

Kompas.com - 03/06/2020, 20:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Newsweek

KOMPAS.com- Selama ini penelitian-penelitian mengenai bagaimana kehidupan dinosaurus ketika masih berada di muka Bumi telah banyak dilakukan. Tapi sepertinya, para ahli masih sedikit mengetahui secara detil perihal makanan yang mereka konsumsi.

Kini lewat sebuah temuan fosil dinosaurus herbivora, peneliti berhasil mengungkap apa saja yang dimakan dinosaurus tersebut sebelum punah sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Pada 2011, penambang secara tak sengaja menemukan sisa fosil spesies Borealopelta markmitchelli, sejenis nodosaurus di dekat Fort McMurray, Alberta, Kanada.

Menariknya, bagian perut dari dinosaurus itu masih dalam kondisi bagus yang memungkinkan para ahli untuk menelitinya.

Baca juga: Peneliti Ungkap Kedahsyatan Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus

Setelah penemuan itu, tim ilmuwan Kanada dari Royal Tyrrell Museum of Palaeontology, Brandon University, dan University of Saskatchewan mulai menyelidiki spesimen dengan isi perut terawetkan tersebut.

"Temuan isi perut dinosaurus yang terawetkan sangat langka dan spesimen yang ditemukan ini merupakan perut dinosaurus paling awet yang pernah ditemukan hingga kini," ungkap Jim Basinger, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi, seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (3/6/2020).

Dari hasil penelitian, para ahli berhasil mengungkap jika makanan terakhir nodosaurus hampir seluruhnya terdiri dari tanaman jenis pakis.