Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Olahraga Berat Bisa Bikin Sehat? Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 03/06/2020, 17:04 WIB
Yohana Artha Uly,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi impian setiap orang. Untuk mendapatkannya, selain menjaga pola makan juga dengan melakukan olahraga.

Meski demikian, berolahraga tetap harus memperhatikan intensitasnya, yakni ringan, sedang, dan berat. Sebab, hal ini sangat memengaruhi hasil pada tubuh, menjadi lebih sehat atau malah lebih buruk.

Lantas, apakah olahraga berat bisa bikin tubuh makin sehat?

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto Sp.KO menjelaskan hubungan antara intensitas berolahraga dengan risiko pada kesehatan tubuh, termasuk mengalami infeksi penyakit, itu seperti digambarkan dalam kurva huruf 'J'.

Titik awal kurva tersebut berada di paling kiri, yang memperlihatkan titik di mana kemungkinan terinfeksinya seseorang bila tidak berolahraga sama sekali.

Baca juga: Halo Prof! Mengapa Saya Sering Keluar Darah Haid Saat Olahraga?

Kemudian titik selanjutnya berada di tengah yang sekaligus menjadi titik terendah. Di mana menunjukkan bila berolahraga dengan intensitas ringan sampai sedang maka resiko terinfeksi menjadi sangat rendah.

"Itu karena kita menjadi lebih sehat, kita punya imunitas tubuh yang bagus," kata dia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga

Baca juga: Amankah Olahraga Sambil Pakai Masker? Ini Kata Dokter Olahraga

Sementara titik ketiga, lanjutnya, berada di paling kanan kurva yang juga sekaligus menjadi titik tertinggi. Ini menunjukkan jika berolahraga dengan intensitas berat malah berpotensi untuk mengalami resiko infeksi tertinggi.

Di tengah masa pandemi virus corona ini, maka sangat berisiko terinfeksi Covid-19. Selain itu berisiko mengalami cedera maupun gangguan kesehatan lainnya.

"Jadi kalau kita olahraga berat, maka risiko alami infeksi menjadi sangat besar, bahkan lebih besar daripada kita tidak berolahraga sama sekali," kata dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com