Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Aja Selama Pandemi Corona, Ini Cara Perawatan Kulit Pada Anak

Kompas.com - 13/05/2020, 16:35 WIB
Yohana Artha Uly,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 membuat kita harus beraktivitas dari rumah, baik dalam bekerja, belajar, hingga beribadah. Pada masa ini, ternyata kulit berpotensi mengalami kerusakan.

Pasalnya, kebiasaan yang berubah, seperti menjadi lebih sering mencuci tangan, mennggunakan hand sanitizer, dan menggunakan AC, yang ditambah dengan rasa stres berpotensi menyebabkan kerusakan kulit pada orang dewasa dan anak-anak.

Oleh sebab itu, Dokter Spesialis kulit Dermatologi Pediatrik, dr. Tina Wardhani Wisesa menekankan pentingnya orangtua untuk tetap menjaga kesehatan kulit anak selama masa di rumah saja.

Dia menjelaskan, penggunaan sabun dan hand sanitizer yang terus-menerus dan berlebihan menimbulkan iritasi pada kulit anak, seperti gatal dan perih, kering, bersisik, dan muncul ruam-ruam.

Bahkan, pada anak yang memiliki kulit sensitif, dapat memicu terjadinya eksim, yang pada akhirnya mempermudah terjadinya infeksi bakteri, jamur, dan virus.

Baca juga: Anak Dalam Drama The World of The Married Kleptomania, Apa Itu?

Untuk menghindari kerusakan kulit, anak harus mencuci tangan dengan sabun berpelembap dan dibilas dengan air dingin yang mengalir. Setelah itu, oleskan pelembap pada tangan secara merata.

"Kalau di rumah, gunakan sabun saja. Hand sanitizer hanya digunakan saat keluar," katanya dalam Diskusi Online Noroid, Selasa (12/5/2020).

Orangtua juga harus memastikan anak mandi teratur dua kali sehari, menggunakan sabun berpelembap dan air dingin. Oleskan juga pelembap pada tubuh anak kira-kira tiga menit usai mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com