Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Hingga Kamis, Hujan Lebat Guyur Sejumlah Wilayah di Indonesia

Kompas.com - 12/05/2020, 18:41 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir, hingga Kamis (14/5/2020).

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi Dr Widada Sulistya DEA, mengatakan ada intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU).

"Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," kata Widada dalam keterangan tertulisnya.

Massa udara basah di lapisan rendah juga terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Baca juga: BMKG: Hingga Esok, Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Selain itu, ada sekitar 17 provinsi di Indonesia yang memiliki potensi konventif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat.

"Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur dan konvergensi atau pertemuan angin memanjang dari Sumatera barat hingga Bengkulu, di Laut Timor," ujar dia.

Serta, daerah belokan angin terdapat di Sumatera Bagian Tengah, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Baca juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, 2 Hari Mendatang

Diikuti kondisi Low Level Jet dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 knot di Samudera Hindia Barat Sumatera dan Samudra Pasifik Timur Filipina.

Dari berbagai kondisi tersebut, menimbulkan peluang wilayah-wilayah berikut mengalami hujan lebat bahkan disertai angin kencang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com