Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2020, 19:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ilmuwan dari Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD) memprediksi wabah Covid-19 di Indonesia sedang memasuki masa puncak dan akan berakhir pada Juni 2020.

Prediksi yang dibuat oleh Laboratorium Inovasi Berbasis Data (DDI SUTD) itu ditampilkan dalam situs resminya dengan judul "Kapan Covid-19 Berakhir?".

Situs tersebut melakukan pemantauan perkembangan Covid-19 di puluhan negara, termasuk Indonesia.

Disebutkan dalam situs tersebut, tim menggunakan perhitungan dengan model SIR, akronim dari susceptible (rentan)-infected (tertular)-recovered (sembuh) untuk memperkirakan kurva pandemi virus Corona di suatu negara dan kapan akan berakhir. Ahli menggunakan pengkodean dari Milan Batista dan data dari Our World in Data.

Baca juga: Obat Mag Diburu Warga Amerika untuk Virus Corona, Ini Kata Ahli

Untuk Indonesia, tim dalam studi ini menuliskan bahwa puncak pandemi adalah tanggal 19 April 2020. Sementara itu, pandemi di Tanah Air 97 persen berakhir pada 4 Juni 2020 dan 99 persen berakhir pada 20 Juni 2020.

Prediksi SUTD Singapura, Indonesia sedang di periode puncak corona. Diprediksi SUTD, pandemi Covid-19 di Indonesia 97 persen berakhir pada 4 Juni 2020 dan 99 persen berakhir pada 20 Juni 2020.Tangkapan layar situs DDI SUTD Prediksi SUTD Singapura, Indonesia sedang di periode puncak corona. Diprediksi SUTD, pandemi Covid-19 di Indonesia 97 persen berakhir pada 4 Juni 2020 dan 99 persen berakhir pada 20 Juni 2020.
Dalam situs SUTD, tim mengatakan bahwa pelaporan ini hanya bertujuan untuk penelitian dan edukasi, yang mungkin memiliki kesalahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com