Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Dalgona Coffee? Dokter Sarankan Berhenti Minum saat Bulan Puasa

Kompas.com - 27/04/2020, 16:30 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.comDalgona Coffee bisa jadi merupakan jenis minuman yang paling banyak dibuat selama masa isolasi mandiri dan Work from Home (WFH).

Dalgona Coffee, kerap disebut Whipped Coffee, adalah minuman yang resep aslinya berasal dari Korea dan menjadi viral lewat media sosial TikTok.

Bahan dasar Dalgona Coffee hanya tiga jenis yaitu bubuk kopi, gula, dan air. Banyak resep beredar dengan komposisi dua sendok bubuk kopi, dua sendok gula, dan dua sendok air panas.

Baca juga: Viral Dalgona Coffee, Ada Trik Sains di Baliknya

Tiga bahan dasar tersebut kemudian dikocok, bisa menggunakan mixer atau bahkan saringan, sampai berbentuk seperti krim. Adonan tersebut kemudian ditambahkan di atas susu segar.

Dingin dan manis, minuman ini cocok dinikmati saat siang hari. Namun saat bulan puasa seperti sekarang, Dalgona Coffee bukanlah minuman yang tepat untuk dikonsumsi.

Hal itu dikatakan oleh dokter gizi dr Juwalita Surapsari, SpGK. Ia menyebutkan, produk kopi jenis apapun sebaiknya tidak dikonsumsi saat bulan puasa.

Baca juga: Viral Jantung Berdebar Sampai Masuk UGD karena Kopi, Ini Kata Dokter

“Kopi bersifat diuretik yang memperbanyak kencing. Dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi,” tutur Juwalita kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Juwalita menyebutkan Dalgona Coffee juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong, karena sifat asam yang ada pada kopi dan bisa menyebabkan sakit perut.

Ilustrasi kopiseb_ra Ilustrasi kopi

“Jangan pula dikonsumsi saat sahur, karena takutnya bisa menyebabkan dehidrasi,” tambahnya.

Lalu bagaimana jika kita kecanduan kopi, atau sangat ingin meminum Dalgona Coffee? Juwalita menyebutkan, waktu konsumsi paling tepat adalah usai makan malam.

“Namun hati-hati gula berlebih,” tambah ia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com