Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Baru Covid-19: Meningkatnya Angka KDRT di Berbagai Negara

Kompas.com - 09/04/2020, 12:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap aspek kesehatan. Mewabahnya virus corona bahkan berpengaruh pada hampir semua aspek kenegaraan, sampai aspek personal seperti kondisi psikis.

Himbauan pemerintah dan WHO untuk stay home atau tinggal di rumah cukup menguntungkan bagi beberapa orang. Namun untuk sekelompok orang lain, hal itu bisa jadi petaka dan menimbulkan krisis baru.

Laporan dari pihak kepolisian beberapa negara mengungkapkan kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) meningkat selama pandemi virus corona. Tingkat kekerasan disebut menjadi lebih sering, lebih parah, dan lebih membahayakan.

Baca juga: Kenapa Berada di Rumah Bisa Selamatkan Hidup dari Pandemi Covid-19?

Marianne Hester, sosiolog dari Bristol University yang mempelajari tentang kekerasan dalam hubungan menyebutkan bahwa pada dasarnya risiko KDRT meningkat ketika keluarga menghabiskan waktu bersama. Sebut pada hari raya seperti Natal dan liburan musim panas.

United Nations (UN) pada Minggu (5/4) lalu meminta seluruh negara di dunia untuk memerangi KDRT.

“Saya mendesak pemerintah seluruh negara untuk menempatkan keselamatan perempuan sebagai prioritas sebagai respon pandemi ini,” tutur Sekjen UN Antonio Guterres pada akun Twitter resminya, seperti dikutip dari New York Times, Kamis (9/4/2020).

Lockdown dan KDRT

Saat beberapa kota besar di China mengalami lockdown, salah satu warga (sebut dia Lele, 26 tahun) asal Provinsi Anhui mengalami siksaan fisik dan psikis.

Lele kerap beradu argumen dengan suaminya. Hingga pada 1 Maret lalu, Lele tengah menggendong bayinya yang berusia 11 tahun saat sang suami mulai memukulinya dengan kursi.

Lele tidak yakin berapa kali ia dipukuli. Tiba-tiba ia merasa salah satu kakinya mati rasa dan jatuh ke lantai, masih menggendong bayinya.

Baca juga: Fisik hingga Sosial, Begini Dampak Korban Kekerasan Seksual

Sebuah foto yang diambilnya usai kejadian itu menunjukkan kursi di lantai sudah hancur berkeping-keping. Foto lainnya yang diambil Lele adalah kedua kakinya yang penuh luka dan memar.

Kepada New York Times, Lele mengatakan suaminya melakukan tindak kekerasan selama 6 tahun pernikahan. Namun pandemi Covid-19 membuat kondisi semakin buruk.

“Selama pandemi ini kami tidak bisa keluar rumah, dan konflik kami semakin besar dan besar dan semakin sering,” tuturnya.

Di China, sebuah LSM yang bergerak dalam melawan kekerasan terhadap perempuan telah membuka help line sejak awal Februari. Tepat saat pemerintah melakukan lockdown di Provinsi Hubei yang merupakan episenter penyebaran virus corona.

Baca juga: Korban dan Pelaku Kekerasan Seksual, Simak Faktor Risikonya

Di Inggris, wilayah Avon dan Somerset mendapatkan laporan KDRT meningkat sebanyak 20 persen pada periode yang sama.

Di Spanyol, nomor darurat untuk KDRT menerima 18 persen lebih banyak panggilan pada dua minggu pertama lockdown.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com