Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2020, 19:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Melakukan pencegahan adalah cara terbaik dalam menghadapi wabah virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19, yang sudah melanda lebih dari 200 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Tidak sedikit masyarakat yang merasa khawatir saat memiliki keluhan atau gejala yang menyerupai pertanda infeksi Covid-19 di tubuhnya.

Lantas, kekhawatiran itu bisa diantisipasi dengan melakukan pencegahan sebaik mungkin agar terhindar dari infeksi virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Apa saja pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi Covid-19?

Baca juga: Panduan Cegah Corona di Rumah, Ini Rencana Aksi yang Bisa Dilakukan

1. Rutin cuci tangan

Mencuci tangan pakai sabun adalah hal yang penting dalam upaya mencegah diri Anda dari berbagai jenis organisme jahat, termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini.

Rutin mencuci tangan pakai sabun ini juga menjadi rekomendasi utama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Setelah memegang benda-benda apapun, dan saat akan melakukan apapun terutama makan dan menyentuh organ sensitif seperti mulut, mata dan hidung, lakukan cuci tangan dengan baik dan benar agar dapat mengurangi risiko kuman jahat ikut masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Panduan Mencegah Virus Corona, Cara Cuci Tangan yang Benar

2. Gunakan antiseptik

Pada saat Anda, memang dalam kondisi tidak memungkinkan melakukan cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau antiseptik.

Antiseptik atau hand sanitizer umumnya memiliki kandungan alkohol yang berfungsi membunuh kuman yang ada di tangan Anda, meskipun tidak 100 persen.

Ketua Magister Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko MS SpOK mengingatkan bahwa menggunakan hans sanitizer juga tidak boleh terlalu sering, karena berpotensi membuat kulit Anda kering.

Jadi sebaiknya, jika Anda terpaksa harus menggunakan hand sanitizer, setidaknya setelah maksimal lima kali pemakaian Anda harus mencuci tangan dengan sabun, untuk menghindari kekeringan pada kulit tangan Anda tersebut.

Kulit yang kering sangat berisiko menjadi luka terutama bagi orang usia lanjut dan orang dengan diabetes.

3. Hindari kontak fisik

Upayakan untuk menghindari kontak fisik dengan dengan siapapun untuk menghindari tertular virus corona.

Entah orang yang terlihat sehat, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), terutama pasien positif Covid-19.

Baca juga: Tentang Virus Corona Covid-19, Apa Itu Istilah ODP, PDP, dan Suspek?

Upayakan untuk tidak bersalaman, cium pipi kanan-pipi kiri (cipika-cipiki), berpelukan dengan orang, teman atau keluarga yang Anda temui di luar rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com