Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2020, 20:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber NPR

KOMPAS.com - Seiring virus corona telah menyebar di Indonesia, Joko Widodo telah mengimbau masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Hal ini pun disambut oleh masyarakat. Banyak perusahaan menganjurkan karyawannya untuk bekerja di rumah. Banyak sekolah dan perguruan tinggi meliburkan kegiatan belajar dan mengajar, acara-acara besar dibatalkan, hingga transportasi umum yang dibatasi jam dan rutenya.

Upaya ini disebut ahli epidemiologi sebagai flattening the curve of the pandemic atau meratakan kurva pandemi.

Idenya adalah untuk meningkatkan social distancing atau jarak sosial, agar penyebaran virus dapat terhambat.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Pakar Nilai Indonesia Tidak Perlu Lockdown tapi...

Jika hal ini dilakukan, diharapkan jumlah orang yang terinfeksi tidak melonjak sehingga sistem kesehatan rumah sakit diharapkan tidak overkapasitas dan dapat melayani pasien dengan seoptimal mungkin.

Ibaratnya sistem perawatan kesehatan di dunia adalah MRT dan saat ini adalah jam kerja yang sangat sibuk di mana semua orang harus naik MRT. Dalam situasi seperti ini, pasti terjadi penumpukan di peron stasiun.

"Tak ada cukup ruang di dalam kereta untuk mengurus semua orang dan sistem menjadi kewalahan. Ketika tidak bisa menangani dengan baik, orang pada akhirnya tidak mendapat layanan yang diperlukan," kata Drew Harris seorang peneliti kesehatan populasi dari Universitas Thomas Jefferson di Philadelphia, dilansir NPR, Jumat (13/3/2020).

Untuk diketahui, Harris merupakan pencipta grafik yang memvisualisasikan mengapa sangat penting untuk meratakan kurva pandemi, termasuk dalam pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Flattening the curve of the pandemic atau meratakan kurva pandemi dengan social distancing. Cara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit dan rumah sakit dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Flattening the curve of the pandemic atau meratakan kurva pandemi dengan social distancing. Cara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit dan rumah sakit dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

Seperti dilihat dalam gambar kurva di atas, ketika suatu kasus pandemi tidak disertai tindakan perlindungan (ditunjukkan warna oranye) maka akan terjadi penumpukan kasus sehingga pelayanan kapasitas over kapasitas.

Sementara jika suatu pandemi disertai tindakan perlindungan (warna biru), maka kasus penyakit yang akan datang ke rumah sakit pun lebih sedikit sehingga rumah sakit masih dapat memberi pelayanan optimal.

Harris mengatakan, tindakan pencegahan penyebaran virus sebaiknya dilakukan dalam minggu-minggu awal ketika ada kasus wabah muncul.

Hal ini agar sistem kesehatan dapat menyesuaikan dan mengakomodasi lebih banyak orang yang sakit dan mungkin membutuhkan perawatan rumah sakit.

"Ketika sistem kesehatan benar-benar dapat mengimbangi kemunculan pandemi, maka yang akan terjadi adalah skenario kurva biru yang lebih landai," kata Harris.

Baca juga: Panduan Mencegah Virus Corona, Pesan WHO untuk Kita Semua

Bukti nyata

Flattening the curve of the pandemic atau meratakan kurva pandemik sudah dilakukan AS ketika pandemi flu di tahun 1918 terjadi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin cepat pihak berwenang bergerak untuk menerapkan langkah pencegahan penularan penyakit, semakin banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber NPR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com