Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2020, 19:33 WIB
Imamatul Silfia,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jumlah kasus positif virus corona kian bertambah dari hari ke hari. Hingga hari ini (14/3/2020), kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 96 orang. Perkembangan ini semakin menegaskan pentingnya peran serta masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona.

Namun, bagaimana bila kita diharuskan melakukan aktivitas yang berisiko tinggi corona, seperti rapat? Mengingat virus ini begitu mudah menyebar antar manusia, berikut adalah saran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona saat rapat dan acara:

Sebelum rapat dan acara berlangsung:

1. Tanyakan pendapat pihak otoritas tempat berlangsungnya acara. Ikuti saran yang dianjurkan oleh mereka.

Baca juga: Panduan WHO untuk Antisipasi Virus Corona di Tempat Kerja

2. Susun rencana untuk mencegah penyebaran virus.

Pertimbangkan apakah rapat harus diadakan secara tatap muka atau bisa dilakukan secara jarak jauh dengan bantuan teknologi. Jika harus tatap muka, sebisa mungkin hanya melibatkan sedikit orang. Kemudian, sediakan alat-alat pencegahan seperti masker wajah bagi tiap partisipan serta tisu dan hand sanitizer.

Bagi para partisipan yang datang, pastikan mereka bersedia informasi pribadi (seperti nomor telepon, email, dan tempat tinggal) diberikan kepada otoritas pelayanan kesehatan publik jika mereka memiliki gejala terinfeksi. Jika mereka tidak bersedia, anjurkan mereka untuk tetap berada di rumah.

Jangan lupa memantau penyebaran virus corona. Jika partisipan berasal dari wilayah yang berisiko tinggi terhadap virus, anjurkan mereka untuk berada di rumah jika mereka berada pada kondisi kurang sehat.

3. Susun rencana jika seandainya ada salah seorang partisipan yang mengalami sakit dan menunjukkan gejala corona.

Rencana tersebut termasuk menentukan ruangan untuk mengisolasi partisipan terduga corona, bagaimana cara memindahkan partisipan ke rumah sakit, dan apa yang harus dilakukan jika partisipan positif terinfeksi corona baik saat pertemuan maupun setelahnya.

Rencana harus disusun bersama dengan penyedia layanan kesehatan atau departemen kesehatan.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Ini 10 Alasan Anda Tidak Perlu Panik

Saat rapat dan acara berlangsung

1. Berikan arahan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis mengenai langkah-langkah yang bisa dipersiapkan pihak penyelenggara acara untuk memastikan acara tersebut aman dari Covid-19.

Ingatkan setiap partisipan untuk mencuci tangan secara teratur serta menutup hidung dan mulut dengan bagian siku dalam atau tisu ketika batuk atau bersin. Sediakan tempat sampah tertutup di dekat partisipan.

2. Pihak penyelenggara acara harus menyiapkan hand sanitizer di berbagai sudut tempat acara.

3. Jika ruangan cukup luas, susun bangku dengan jarak setidaknya satu meter.

4. Lebih baik biarkan pintu dan jendela terbuka sehingga udara dalam ruangan terventilasi dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com