Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2020, 18:03 WIB
Imamatul Silfia,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona sudah semakin meluas di berbagai penjuru dunia. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global. Oleh karena itu, seluruh pihak dari berbagai aspek harus bekerja sama untuk menahan penyebaran virus, termasuk di tempat kerja.

Dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Selasa (3/3/2020), WHO memberikan beberapa saran bagi para pekerja maupun perusahaan untuk meminimalisir risiko terinfeksi virus corona, mulai dari pencegahan individu hingga tempat kerja.

Cara mudah mencegah penyebaran virus di tempat kerja

Setiap pekerja harus mulai memerhatikan kebersihan dan lingkungan tempat kerja meskipun virus belum sampai di lingkungan mereka. Cara yang dapat dilakukan di antaranya:

1. Memastikan tempat kerja bersih dan higienis

Permukaan barang-barang seperti meja, telepon, keyboard, dan lainnya harus dibersihkan secara berkala. Pasalnya, virus bisa menular melalui droplet batuk atau bersin yang menempel di permukaan benda dan disentuh oleh orang lain.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini Saran WHO untuk Mencegah Terinfeksi

2. Mempromosikan serta menerapkan kebiasaan cuci tangan dengan benar

Sediakan hand sanitizer di berbagai lokasi tempat kerja serta berikan akses bagi para staf, karyawan, dan pelanggan untuk dapat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tempelkan poster dan sejenisnya yang mengajak orang untuk rajin mencuci tangan.

Sebab, mencuci tangan dapat membunuh virus dan mencegah penyebaran Covid-19.

3. Kampanyekan kebersihan pernapasan yang baik di tempat kerja

Pastikan masker wajah (masker wajah bedah biasa, bukan masker N95) dan tisu tersedia di tempat kerja, khususnya bagi mereka yang sedang mengalami batuk pilek. Sediakan juga tempat sampah tertutup agar lingkungan lebih higienis.

4. Meminta saran dari agen perjalanan nasional sebelum melakukan perjalanan bisnis

5. Berikan saran kepada pekerja yang sedang sakit untuk bekerja dari rumah

Jika virus mulai menyebar di lingkungan tempat kerja, setiap orang yang mengalami batuk ringan atau demam (dengan suhu 37.3 derajat Celsius atau lebih) disarankan untuk bekerja dari rumah.

Mereka yang menjalani pengobatan sederhana, seperti mengonsumsi paracetamol/acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin, juga harus tetap berada di rumah.

Perusahaan juga harus memastikan setiap karyawan yang tidak bekerja terhitung sebagai izin sakit.

Baca juga: WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com