Diet Golongan Darah Belum Teruji
Selasa, 16 September 2008 | 21:10 WIB

JAKARTA, SELASA - Hati-hati jika Anda menjalani diet berdasar golongan darah. Karena ternyata diet yang banyak dibincangkan banyak orang belakangan ini, ternyata belum teruji secara klinis.Menurut Ahli Gizi Universitas Indonesia (UI) Dr. Elvina Karyadi diet ini banyak diperdebatkan di kalangan ilmuwan karena belum terbukti secara ilmiah.

"Belum ada penelitian secara ilmiah yang menunjukkan diet ini aman dan efektif. Saya tidak recommended," kata Elvina, usai seminar mencegah keputihan, di Taman Sari Spa, Jakarta, Selasa (16/9). Memang, saat ini diet berdasar golongan darah banyak dibicarakan dalam milis dan buku-buku dan banyak orang yang menyatakan sukses dalam menjalani diet tersebut. Namun, ternyata diet ini belum terbukti secara ilmiah.

Elvina mengatakan diet dapat dilakukan dengan menjaga asupan gizi makanan yang dikonsumsi seperti, hindari makan goreng-gorengan, mengatur konsumsi kalori, dan meminimalkan konsumsi lemak dan karbohidrat. Sedangkan untuk pilihan konsumsi makanan dapat dilakukan dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Selain itu, bagi orang yang memiliki berat badan berlebih perlu membiasakan diri untuk melakukan olahraga minimal 3 kali seminggu. Olahraga dapat dilakukan di pagi hari, seperti jalan pagi, sit up, atau lari pagi. Menurut Elvina, orang yang kurus juga harus olahraga dengan porsi yang sama.

"BAB (Buang Air Basar) wajib minimal 1 hari sekali. Jika susah BAB, jangan terlalu sering melakukan pengobatan karena dapat menyebabkan usus botak," kata Elvina.Yang paling penting, kata Elvina, menghindari makan pada malam hari menjelang jam tidur. "Waktu istirahat juga harus cukup minimal 6-8 jam sehari," kata Elvina.


ANI
Share on Facebook
Nilai 9 A A A
Ada 8 Komentar Untuk Artikel Ini. Posting komentar Anda
light @ Minggu, 19 April 2009 | 21:01 WIB
Yang penting kita tetap jaga kesehatan saja dengan berolah raga. mau diet kayak gimanapun tapi tanpa olah raga sama saja cari penyakit. Semua makanan boleh asalah jangan berlebihan saja. JBU
Kathy @ Kamis, 16 April 2009 | 15:06 WIB
Kalau menyanggah, berikan jg pembuktiannya berupa penelitian. Supaya jelas dan ilmiah
ira @ Rabu, 8 April 2009 | 22:49 WIB
Jika memang belum terbukti, kok bisa ya orang yang sangat paham hal tersebut mengembor-gemborkan dengan bebas. Tidak mungkin kan kita dibodohi oleh mereka? Toh kenyataannya keberhasilan diet itu ada, walau tidak semua berhasil. Karena diet itu perlu usaha keras dari masing-masing orangnya.
daryono @ Selasa, 13 Januari 2009 | 06:38 WIB
Salam buat semua teristimewa buat Bu Elvina. Memang diet yang paling aman adalah hindari makan gorengan, karbohidrat, gula dan lemak, serta hindari minum es apalagi yang manis-manis, aku telah membuktikannya turun 4 kg dalam sebulan. Saya juga setuju akan diet gol darah, ternyata makanan yang dilarang buat gol darahku sebetulnya badan ini terasa tidak enak kalau makan makanan yg dilarang. Aku jg setuju bahwa peneliti/ilmuwan di Indonesia kebanyakan kurang melakukan penelitian cuma west minded
Enrico Todo @ Sabtu, 11 Oktober 2008 | 11:32 WIB
Yapz, gw setuju tuh...diet gol darah cm sekadar cari sensasi aja... Masa ada makanan-minuman yang g boleh di konsumsi orang dng gol darah tertentu??? Aneh banget...
Posting komentar anda
Nama
Email
Komentar
Security Code
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
95