Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ahmad Ubaedillah
Pengurus Badan Pengembangan Jaringan Internasional PBNU

Ahmad Ubaedillah adalah Pengurus Badan Pengembangan Jaringan Internasional PBNU (2022-2027), Dosen FISIP Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, serta Atase Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Atdikbudristek) KBRI Riyadh, KSA (2017-2021).

Ramadhan: Spirit Toleransi, Solidaritas, dan Perdamaian

Kompas.com - 10/04/2022, 04:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DUNIA saat ini tidak sedang baik-baik saja. Setidaknya hal itu dapat dilihat dalam dua indikator: Ancaman pandemi Corona Virus (Covid-19) belum sepenuhnya berahir dan dampak global perang Rusia-Ukraina.

Dua hal ini menjadi penyebab situasi ekonomi global yang imbasnya sudah nampak nyata di depan mata. Angka pengangguran dan kemiskinan meningkat ditambah harga kebutuhan sehari-hari melambung.

Tidak selesai sampai di sini, perang telah menjadikan harga minyak dunia melambung. Dampak domino di dalam negeri harga Bahar Bakar Minyak (BBM) ikutan naik.

Dibutuhkan kebijakan ekonomi yang benar-benar pro rakyat selain menggelorakan solidaritas dan empati kepada wong cilik.

Bulan Ramadhan saat yang tepat untuk melakukan refleksi personal dan kolektif untuk menyegarkan kembali makna solidaritas, empati, dan keberagamaan kita selama ini.

Puasa sejatinya tidak sebatas olah jiwa yang bersifat personal tapi harus dinaikkan kelasnya menjadi ibadah yang berdampak sosial.

Puasa adalah Toleransi

Secara substantif, ajaran puasa adalah tradisi religi agama-agama besar di dunia.

Secara umum pengertian puasa adalah “menahan” dan “pengendalian diri”. Pengertian harfiah puasa ini sama dengan arti kata toleransi (dari bahasa Latin tolerantia) yang artinya kesabaran (patience) atau daya tahan, ketahanan (endurance).

Puasa dengan kata lain memiliki pengertian sangat dekat dengan sikap toleransi sebagai upaya pengendalian diri. Dalam bahasa agama Islam, pengendalian diri dapat diartikan dengan sabar.

Orang yang sabar adalah orang yang tengah atau mampu mengendalikan dirinya. Hal ini segaris dengan makna toleransi.

Bertoleransi adalah sikap seseorang yang sedang berusaha sekuat tenaga untuk menghormati perbedaan dan menahan diri dari sikap merasa paling benar sendiri. Pada saat yang sama ia menyadari bahwa terdapat kebenaran lain dalam diri orang lain atau kelompok lain yang harus dihormati.

Ajaran puasa sebagai tradisi agama-agama besar secara eksplisit tertuang dalam Al Quran (QS. 2: 183). Pada ayat ini, Allah menjelaskan bahwa kewajiban puasa berlaku pula bagi umat-umat terdahulu.

Ajaran menahan hawa nafsu pada ritual puasa dalam Islam berkembang menjadi metoda pembersihan diri (tazkiyat an-Nafsi). Upaya pembersihan diri ini dapat berupa amalan-amalan olah spiritual yang banyak dilakukan kalangan penganut jalan spiritual (tasawwuf) dan kelompok-kelompok sufi atau tarekat.

Menurut Imam al-Ghazali (wafat 1111), puasa merupakan sebagian dari kesabaran yang pahalanya tak terhingga. Puasa identik dengan kesabaran yang tak mengenal batas, upaya yang bersifat terus menerus tak kenal henti, karenanya pahala orang yang sabar tidak terbatas.

Hal ini sebagaimana digambarkan dalam Al Quran (QS. 39:10) bahwa hanya orang-orang yang bersabar lah yang pahalanya tanpa batas. Penisbatan puasa dengan sabar ini telah menempatkan ibadah puasa Ramadhan begitu istimewa dalam Islam.

Saking istimewanya puasa Ramadhan dibanding ibadah yang lain, jika ia dilakukan dengan ikhlas semata mengharap keridaan Allah SWT, maka hanya Dia lah yang memberi pahalanya.

Jaminan Allah ini terjadi karena puasa berbeda dengan jenis ibadah lainnya yang terbuka terhadap pamrih lingkungan. Sebaliknya puasa, dengan pengertian tidak sekadar menahan makan, minum dan berhubungan biologis, adalah ibadah yang bersifat personal meskipun dilakukan berjamaah.

Sebagai ibadah personal, puasa identik dengan olah kalbu untuk mendekatkan kesadaran diri hanya kepada Sang Khalik.

Pada tingkatan ini, makna bersabar tidak semata menahan diri dari perbuatan yang dapat membatalkan ibadah puasa seperti bergunjing, berdusta, tetapi berusaha sekuat tenaga untuk tidak melakukan kekerasan terhadap orang lain, baik verbal maupun non-verbal.

Puasa leval ini sangatlah jelas memiliki dimensi sosial yang luas. Inilah puasa kelas istimewa, puasa publik.

Setingkat di atas kelas ini adalah puasa dengan kadar spiritual yang tinggi, semakin personal dan intens. Pada derajat ini seorang hamba benar-benar fokus kepada Allah. Hati, pikiran, dan perbuatannya semata tertuju kepada Allah.

Manakala ia lalai dari Allah, dia merasa puasanya batal. Inilah puasa kelas sangat istimewa yang hanya mampu dilakukan oleh para kekasih Allah (aulia).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Ramadhan Momentum Mengenalkan 'Halal Lifestyle' bagi Anak

Ramadhan Momentum Mengenalkan "Halal Lifestyle" bagi Anak

Ramadhan
Puasa Ramadhan Perkuat Kesejahteraan Mental dan Emosional

Puasa Ramadhan Perkuat Kesejahteraan Mental dan Emosional

Ramadhan
'Ekspedisi Batin' Ramadhan untuk Pemurnian Jiwa

"Ekspedisi Batin" Ramadhan untuk Pemurnian Jiwa

Ramadhan
Cahaya Ramadhan, Merenungi Kehidupan dalam Bulan Suci

Cahaya Ramadhan, Merenungi Kehidupan dalam Bulan Suci

Ramadhan
Ramadhan Sepanjang Tahun

Ramadhan Sepanjang Tahun

Ramadhan
Mengembangkan Diri Melalui Ibadah Ramadhan

Mengembangkan Diri Melalui Ibadah Ramadhan

Ramadhan
Ramadhan Stimulus Kepekaan Sosial

Ramadhan Stimulus Kepekaan Sosial

Ramadhan
Merengkuh Kemenangan Sejati

Merengkuh Kemenangan Sejati

Ramadhan
Sidang Isbat Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada 2 Mei

Sidang Isbat Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada 2 Mei

Ramadhan
Keistimewaan Puasa Ramadhan

Keistimewaan Puasa Ramadhan

Ramadhan
Puasa Ramadhan, Ketakwaan, dan Pancasila

Puasa Ramadhan, Ketakwaan, dan Pancasila

Ramadhan
Mudik Berkemajuan

Mudik Berkemajuan

Ramadhan
Meraih Ketakwaan dengan Puasa

Meraih Ketakwaan dengan Puasa

Ramadhan
Lailatul Qadar Ada Pada Diri Kita

Lailatul Qadar Ada Pada Diri Kita

Ramadhan
Puasa Melatih Manusia Sempurna

Puasa Melatih Manusia Sempurna

Ramadhan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
icon-calculator

Kalkulator Zakat

Rp.
Rp.
Rp.
Minimal Rp6.644.868 per bulan
ornament calculator
Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com