Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Tiket Kereta Terjual Jelang Libur Panjang Hampir Tembus 100.000

Kompas.com - 01/06/2023, 17:51 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah tiket kereta api jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang terjual menjelang libur panjang atau pada 31 Mei 2023-4 Juni 2023 tembus hingga 99.000.

Berdasarkan data dari Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada 1 Juni 2023 dengan total sekitar 32.000 tiket terjual.

Dari jumlah tersebut, 18.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14.000 penumpang dari Stasiun Gambir.

Jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan rata-rata penumpang pada hari biasa.

Selain itu, seluruh pengguna jasa kereta api diimbau untuk memerhatikan kembali jadwal keberangkatannya, mengingat mulai Kamis 1 Juni 2023 Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan secara grafis untuk menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api dan layanan naik.

Kemudian penumpang sejumlah kereta api sudah bisa menggunakan Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan.

Baca juga: KAI Luncurkan Lima Kereta Api Baru, Berikut Relasi dan Spesifikasinya

Contoh perubahan jadwal ada di KA Gumarang relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB.

Para pelanggan yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memerhatikan pengumuman dari petugas.

Gapeka 2023 juga memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan kereta api jarak jauh sebesar total 2.512 menit per hari.

Rinciannya, efisiensi 880 menit untuk KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.

Lewat pemberlakuan Gapeka 2023, ada 4 kereta api baru yang dioperasikan, yakni:

  1. KA Argo Semeru relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB,
  2. KA Manahan relasi Stasiun Gambir–Stasiun Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB,
  3. KA Pandalungan relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasarturi-Stasiun Jember keberangkatan pukul 20.05 WIB, dan
  4. KA Argo Merbabu relasi Stasiun Gambir–Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan pukul 14.20 WIB.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com