Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ruas Jalan Lampung Mulai Diperbaiki Juni 2023, Ini Rinciannya

Kompas.com - 26/05/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan peningkatan kualitas jalan daerah di Provinsi Lampung mulai Juni 2023.

Penanganan jalan dikerjakan melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung melalui 10 paket pekerjaan preservasi jalan dan jembatan tahun 2023.

Berikut rinciannya:

  1. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Pematang Panggang-Simpang Bujung Tenuk (Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu),
  2. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Simpang Bujung Tenuk–Batas Kabupaten Lampung Tengah/Lampung Timur (Ruas Simpang Bujung Tenuk-Terbanggi Besar),
  3. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Batas Kabupaten Lampung Tengah/Lampung Timur-Way Jepara-Simpang Bakauheni dan Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Tegineneng-Simpang Tanjung Karang-Km 10 (Terbanggi Besar-Tegineneng-Sukadana),
  4. Preservasi Jalan Ruas Km 10 (Panjang)-Bakauheni (Jalan Prof Dr.Ir Sutami-Jalan Sribawono-Simpang Sribawano),
  5. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Sanggi-Gedong-Tataan,
  6. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Simpang Gunung Kemala-Sanggi,
  7. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Batas Bengkulu-Simpang Gunung Kemala-Padang Tambak,
  8. Preservasi Jalan Ruas Padang Tambak-Bukit Kemuning-Batas Sumatera Selatan,
  9. Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Bukit Kemuning-Terbanggi Besar, dan
  10. Preservasi Jalan Ruas Gedong Tataan-Jalan Monginsidi (Ruas Simpang Tanjung Karang-Km 10; Simpang Tanjung Karang-Kurungan Nyawa).

Kepala BPJN Lampung Susan Novelia mengatakan pemeliharaan jalan harus dilakukan setiap tahun guna menjaga kemantapan jalan dalam kondisi baik.

Baca juga: Kala Kementerian PUPR Patahkan Klaim Anies soal Jalan Nasional Era SBY Vs Jokowi

"Adapun saat ini terdapat program preservasi yang menggunakan skema long segmen yaitu skema pemeliharaan secara menyeluruh di suatu ruas jalan dengan memerhatikan kinerja dari penyedia jasa," kata Susan Novelia dalam keterangan resminya.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar-wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien.

Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar," ucap Menteri Basuki.

Jalan nasional di Provinsi Lampung menjadi jalan arteri dan kolektor sistem jaringan jalan primer yang terkoneksi dengan Pelabuhan Bakauheni dan Provinsi Sumatera Selatan, selain Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Secara keseluruhan, jalan nasional yang menjadi kewenangan BPJN Lampung sepanjang 1.298,41 kilometer terdiri dari Jalan Lintas Timur sepanjang 285,18 kilometer, Jalan Lintas Tengah 323,92 kilometer, Jalan Lintas Barat 323,62 kilometer, Jalan Lintas Penghubung 347,69 kilometer, dan Jalan Dalam Kota Bandar Lampung sepanjang 18 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com