Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarinah Gelar Bazar dan Talkshow UMKM

Kompas.com - 26/05/2023, 07:45 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan di Plaza Sarinah, jangan lupa mampir ke Bazar UMKM.

Mengangkat tema Seru-Seruan Bazar (Serba) Lokal Fest, kegiatan ini diselenggarakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersinergi dengan Kementerian BUMN, PT Pertamina Gas Negara, dan PT Sarinah.

Bazar ini diselenggarakan mulai Kamis (25/5/2023) hingga Minggu (28/5/2023) dengan tujuan untuk memperluas akses pasar dan mempromosikan keunggulan produk UMKM Indonesia.

Kegiatan ini melibatkan 88 UMKM di mana 27 di antaranya merupakan UMKM binaan KAI dengan lini bisnis kuliner, kerajinan, fesyen, dan kecantikan.

Acara ini juga menghadirkan berbagai agenda talkshow mengenai UMKM yang dapat memberikan wawasan bagi khalayak luas tentang strategi dan potensi UMKM di Indonesia.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan doorprize yang akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung bazar.

Serba Lokal Fest dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting.

Dirinya mengatakan, UMKM telah menjadi salah satu penyokong utama perekonomian Indonesia dalam melewati berbagai fase perekonomian.

Baca juga: Jadi Tempat Berdayakan UMKM, Fasilitas Itu Bernama Rest Area

Negara harus selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi komprehensif bagi perkembangan UMKM.

"Serba Lokal Fest ini merupakan suatu langkah yang diinisiasi untuk membantu memperluas akses pasar, yang ke depan diharapkan berorientasi ekspor dan berkontribusi kepada perolehan devisa bagi negara dan perkembangan perekonomian Indonesia," katanya, seperti dikutip dari laman resmi KAI.

Sementara Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, dengan adanya Serba Lokal Fest ini melengkapi dukungan KAI dalam mempromosikan berbagai jenis UMKM di daerah.

UMKM butuh untuk terus naik kelas, bukan hanya menjadi jawara di daerah tetapi juga berkontribusi secara nasional dan bersaing secara global.

"Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak serta terus-menerus menghadirkan inovasi demi memperluas penjualan dan akses pasar bagi UMKM binaan kami," tandas Didiek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com