Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HK Optimistis 7 Gedung Universitas Malikussaleh Selesai Sesuai Jadwal

Kompas.com - 19/05/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) optimistis pembangunan tujuh gedung dekanat di Universitas Malikussaleh, Aceh rampung sesuai jadawal.

Saat ini, progres pembangunan kampus negeri tersebut telah mencapai 75,104 persen. Pembangunan proyek senilai Rp 140,7 miliar ini telah dimulai sejak 16 Agustus 2021 lalu.

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi merinci ketujuh gedung dekanat di Universitas Malikussaleh yang dibangun tersebar di dua lokasi.

Empat gedung berlokasi di Kampus Bukit Indah, Kota Lhokseumawe, untuk gedung Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas ISIP, dan Fakultas Hukum.

Sementara tiga gedung dekanat lainnya berlokasi di Kampus Reuleut, Aceh Utara, yakni Fakultas IKIP, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pertanian.

“Lingkup pekerjaan Hutama Karya tidak hanya pembangunan gedung dekanat saja namun juga mencakup pematangan lahan dengan total volume sekitar 288.000 meter kubik, jalan akses, area parkir terbuka, jalan kawasan, dan landscaping,” ungkap Gunadi dalam keterangan tertulis, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Hutama Karya Prediksi Masih Ada Pergerakan Trafik Kendaraan Malam Ini

Gunadi mengaku, pembangunan ketujuh gedung dekanat ini tak lepas dari sejumlah tantangan.

Mulai dari kondisi lahan eksisting yang berbukit dan berbatu hingga lokasi gedung yang tersebar di lima blok plan, empat kampung, dan dua kota/kabupaten adalah hal yang harus dihadapi oleh tim di lapangan.

Meski begitu, Hutama Karya bisa mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Untuk lahan yang berbatu, pertama-tama dilakukan uji uniaxial untuk mengetahui jenis batuan yang ada.

Kemudian, menentukan metode pekerjaannya dan menghitung kapasitas alat serta menambah alat, yaitu ekskavator breaker.

Adapun progres pematangan lahan telah mencapai 100 persen yang meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, dan Mechanical, Electrical & Plumbing (MEP).

Untuk masing-masing gedung, progresnya adalah Fakultas Hukum 77,59 persen, Fakultas ISIP 72,44 persen, dan Fakultas Kedokteran 71,43 persen.

Kemudian, Fakultas Ekonomi 70,91 persen, Fakultas IKIP 68,99 persen, Fakultas Pertanian 52,41 persen, dan Fakultas Teknik 46,88 persen.

Ke depan, akan diselesaikan lima gedung yakni gedung dekanat di Fakultas Hukum, Fakultas ISIP, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas IKIP pada Juni 2023 serta satu Gedung Fakultas Pertanian pada Juli 2023, dan satu Gedung Fakultas Teknik Agustus 2023.

Untuk area parkir, jalan kawasan, dan landscaping ditargetkan akan diselesaikan pada Juli 2023 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com