Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bayung Lencir-Tempino Segera Dibangun, JTTS Kian Tersambung

Kompas.com - 18/05/2023, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino yang merupakan jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) akan segera dibangun dalam waktu dekat.

Hal ini ditandai lewat penandatanganan kontrak proyek yang bakal digarap oleh PT Hutama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dan PT Brantas Abipraya (Abipraya) atau disebut dengan KSO HK-Wika-Brantas.

Penandatangan kontrak dilaksanakan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 Provinsi Jambi, Agung Ginanjar di Gedung Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta pada Rabu (17/5/2023).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, proyek tol sepanjang 15,4 kilometer ini memiliki nilai Rp 2,7 triliun.

"Selaku kontraktor dalam proyek ini, KSO HK-Wika-Brantas optimis dapat menyelesaikan pembangunan selama 12 bulan dengan tepat mutu, waktu, dan biaya," terang Tjahjo dalam keterangan resminya.

Sumber dukungan konstruksi proyek ini diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pembagian porsi antara lain, 60 persen milik Hutama Karya, 25 persen milik Wijaya Karya, dan 15 persen milik Brantas Abipraya.

Lingkup pekerjaan KSO HK-Wika-Brantas dalam proyek jalan tol ini meliputi pekerjaan galian dan timbunan, pekerjaan struktur (interchange, overpass, box culvert), pekerjaan pile slab, dan perkerasan jalan.

Baca juga: Apa Kabar Proyek Tol Bawah Laut di IKN?

Tol ini akan ditunjang sejumlah fasilitas, seperti satu simpang susun, serta dirancang dengan jumlah lajur 2x2 dengan maksimal kecepatan rencana 80 kilometer per jam.

Saat ini, status pengadaan lahan proyek sudah selesai 96 persen dan 4 persen lainnya dalam proses pembayaran.

Manfaat tol ini adalah untuk mempermudah aliran barang dan jasa untuk mempercepat perputaran roda ekonomi daerah, membuka konektivitas antar-daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung menjadi semakin cepat.

Kemudian bisa memberikan pemerataan kesejahteraan dan ekonomi daerah, meningkatkan sektor pariwisata, serta memberi pengaruh positif kepada pengembangan ekonomi daerah.

Tentunya infrastruktur ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, dan memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang.

Sebagai informasi, Tol Bayung Lencir-Tempino merupakan Seksi 3 dari Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi sepanjang 169 kilometer.

Di Tol Betung-Tempino-Jambi yang akan dibangun secara bertahap akan memiliki 4 seksi. Ketiga seksi lainnya adalah Seksi 1 Betung-Tungkal Jaya, Seksi 2 Tungkal Jaya-Bayung Lencir, dan Seksi 4 Tempino-Simpang Ness.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com