Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Westminster Abbey, Tempat Penobatan Raja Charles III

Kompas.com - 07/05/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber History

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Charles III menjalani prosesi penobatan sebagai Raja Britania Raya pada Sabtu (6/5/2023) di Westminster Abbey.

Raja Charles III resmi menggantikan posisi Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada 8 September 2022.

Membahas mengenai Westminster Abbey, bangunan keagamaan ini telah menjadi tempat penobatan kerajaan sejak tahun 1066.

Dilansir dari History, Minggu (7/5/2023), para biarawan Benediktin pertama kali membangun rumah ibadah sekitar tahun 960 Masehi di tepi Sungai Thames yang membelah kota London.

Pada tahun 1040, Raja Edward I yang kemudian dikenal sebagai St. Edward the Confessor, membangun istana kerajaannya di sebidang tanah.

Raja Edward I menugaskan pembangunan gereja batu bergaya Romawi yang besar untuk menghormati St. Peter the Apostle. Pembangunan ini selesai pada Desember 1065.

Gereja baru, Katedral St. Peter, kemudian dikenal sebagai “West-minster” untuk membedakannya dari St. Paul's Cathedral, gereja London terkenal lainnya yang disebut “East-minster”.

Baca juga: Arsitektur Neo-Gothic Gereja Katedral Jakarta, Seluruh Bagian Sarat Makna

Sementara Westminster Abbey yang asli bertahan selama hingga pertengahan tahun 1200-an, sebelum akhirnya Raja Henry III memutuskan untuk membangunnya kembali dengan gaya gotik.

Kendati dibangun ulang, sentuhan khas Westminster Abbey dari zaman Edward I tetap dihadirkan, termasuk lengkungan bundar dan kolom pendukung undercroft, atau tempat tinggal biarawan asli.

Salah satu ruangan di Westminster Abbey, London, InggrisTangkapan layar Westminster Abbey Salah satu ruangan di Westminster Abbey, London, Inggris
Tujuan pembangunannya adalah karena Raja Henry III ingin membuat sebuah gereja yang cocok untuk penobatan dan penguburan para raja.

Pembangunan Westminster Abbey baru rampung dan diresmikan pada 13 Oktober 1269. Bangunan ini tetap ada sampai saat ini meskipun terdapat sejumlah modifikasi.

Setiap raja sejak William the Conqueror telah melakukan upacara penobatan di Westminster Abbey.

Selanjutnya, atas perintah Raja Henry III, jenazah Edward I dipindahkan ke Westminster Abbey baru.

Sejak saat itu, banyak bangsawan dimakamkan di dekatnya, termasuk Henry III, Edward III, Richard II, Henry V, hingga Ratu Elizabeth II.

Secara keseluruhan, gereja ini memiliki lebih dari 600 tablet dinding dan monumen, dan lebih dari 3.000 orang telah dimakamkan di sana.

Halaman:
Sumber History


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com