Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 30 April, 16.900 Pemudik Tiba di Stasiun Pasar Senen

Kompas.com - 01/05/2023, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pergerakan arus balik kereta api (KA) di Stasiun Pasar Senen, Minggu (30/4/2023).

Menurut Budi, sejak 24 April 2023 hingga 30 April 2023, terhitung sudah 16.900 penumpang KA turun di Stasiun Pasar Senen. 

Jumlah tersebut naik dua kali lipat dari masa normal. Diprediksi lonjakan arus balik masih akan terjadi hingga 2 Mei 2023 mendatang.

Budi mengatakan, kereta api menjadi salah satu moda favorit pemudik, dan Pasar Senen menjadi stasiun tersibuk pada arus mudik serta balik.

Baca juga: Ada Layanan PCR di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Tarif Rp 195.000

"Naik kereta api dianggap lebih praktis, bebas macet, nyaman, juga terhindar dari risiko kecelakaan di jalan raya," katanya dikutip dari laman Kemenhub, Senin (1/5/2023).

Meski begitu, kata Budi, secara keseluruhan semua terkendali dengan baik karena sudah dilakukan sejumlah langkah antisipasi. Misalnya, penambahan jumlah petugas dan kursi di ruang tunggu.

“Saya lihat juga petugas pelayanan dan pengamanan, penambahan fasilitas seperti ruang tunggu, serta area boarding telah disiapkan dengan baik,” ujar Menhub.

Kemudian, dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, Basarnas, serta 45 provider rumah sakit yang sudah menjamin keamanan dan keselamatan pemudik.

Ke depannya, akan terus dilakukan upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti penambahan tangga dan lift di stasiun.

“Saya memohon kesabaran pengguna kereta api, karena kalau buru-buru membuat fasilitas rusak dan tentunya akan menjadi masalah bersama. Terima kasih kepada penumpang kereta api yang sangat kooperatif dan bersedia menggunakan kereta api,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Heru menyampaikan kesuksesan penyelenggaraan arus mudik dan balik di Stasiun Pasar Senen berkat kolaborasi yang baik antar-instansi terkait yakni Kemenhub, Polri, TNI, KAI serta Pemprov DKI.

“Kami siap mendukung peningkatan layanan kereta api melalui penataan kawasan sekitar stasiun seperti yang dilakukan di Tanah Abang, Jatinegara, Manggarai, dan stasiun lainnya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com