Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Komprehensif APLN Meroket 228 Persen

Kompas.com - 29/04/2023, 16:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) berhasil mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi Nasional yang positif pada awal tahun 2023, dengan meraup laba komprehensif senilai Rp 135 miliar.

Angka ini meroket 228 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp 41,1 miliar.

Pulihnya bisnis di sektor perhotelan dan pusat perbelanjaan serta penjualan proyek-proyek properti menjadi faktor utama membaiknya kinerja APLN pada awal tahun ini.

Selain itu, penurunan beban bunga dan biaya keuangan yang dikarenakan penurunan jumlah utang Perusahaan juga menjadi faktor melonjaknya laba komprehensif.

Untuk periode yang berakhir pada 31 Maret 2023, APLN mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 1,15 triliun, turun 8,58 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 1,26 triliun.

Baca juga: Agung Podomoro Fokus Kembangkan Proyek di Kota Penyangga IKN

Perusahaan juga membukukan laba kotor sebesar Rp 380,2 miliar, turun daripada Rp 474,7 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Corporate Secretary APLN Justini Omas menjelaskan, Perusahaan terus berusaha untuk mendorong penguatan bisnis melalui sejumlah inisiatif.

Di antaranya adalah memaksimalkan penjualan proyek-proyek properti di daerah-daerah dengan daya beli konsumen tinggi.

Contohnya di Bandung melalui proyek Podomoro Park Bandung dan di Medan dengan proyek apartemen Podomoro City Deli.

Sementara proyek Kota Podomoro Tenjo yang menjadi magnet baru konsumen properti kelas menengah di daerah Bogor dan Tangerang berhasil menjaga momentum penjualan positif.

APLN juga sukses mendongkrak pamor kawasan Jakarta Timur melalui proyek properti premium yaitu Bukit Podomoro Jakarta.

Periode awal tahun selalu dinamis dan penuh tantangan. Perusahaan mampu mengoptimalkan setiap peluang yang ada, sehingga fundamental APLN terus membaik.

"Ke depan kami akan terus mengambil inisiatif dan tetap konsisten mengembangkan proyek-proyek properti yang sudah berjalan,” jelas Justini melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Cetak marketing sales Rp 242 miliar

Dari berbagai proyek properti yang dibangun di berbagai daerah, pada kuartal I-2023 APLN membukukan pengakuan penjualan sebesar Rp 813,2 miliar. Sementara penjualan pemasaran (marketing sales) di luar PPN sebesar Rp 242 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com