Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Pangkalpinang Minta Dukungan untuk Bangun Masjid Qubah Timah

Kompas.com - 22/04/2023, 18:30 WIB
Heru Dahnur ,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil meminta dukungan masyarakat untuk menyukseskan pembangunan Masjid Agung Qubah Timah.

Hal tersebut ia sampaikan usai kepada ribuan warga yang memadati Lapangan Merdeka Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung untuk menunaikan ibadah shalat Idul Fitri 1444 H, Sabtu (22/4/2023).

Masjid Agung Qubah Timah sendiri tengah dibangun pada bekas gudang beras. Letaknya  berseberangan dengan Lapangan Merdeka.

Masjid dengan desain berbentuk kubah warna hijau itu bakal menjadi simbol toleransi beragama karena lokasinya bersebelahan dengan bangunan Gereja Protestan Maranatha. 

Baca juga: Curhat Para Polisi di Jalur Pantura, 30 Tahun Tak Pulang Libur Lebaran

Selain itu, Masjid Qubah Timah juga akan menambah fasilitas ibadah sekaligus menjadi salah satu ikon Kota Pangkalpinang.

"Pembangunan yang sedang berjalan ini, kami harapkan Masjid Qubah Timah bisa selesai tepat waktu," ungkap Maulan.

Maulan juga mengajak masyarakat mensyukuri situasi keamanan yang kondusif sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan tenang.

"Bersama-sama kita melaksanakan ibadah shalat Id di pagi yang indah ini, semoga diberkahi Allah," tambah Maulan. 

Shalat id kali ini dipenuhi oleh para jemaah setelah dua tahun sebelumnya pelaksanaan ibadah shalat Id dibatasi karena pandemi Covid-19.

Warga mulai berdatangan ke Lapangan Merdeka sejak pukul 06.30 WIB dan prosesi ibadah shalat Id dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB.

Lapangan Merdeka sendiri yang dulunya merupakan lapangan sepak bola telah menjadi lokasi pelaksanaan shalat Id setiap tahunnya di Kota Pangkalpinang.

Kawasan ini merupakan lokasi pusat kota yang bersebelahan dengan rumah dinas wali kota dan tugu penanda nol kilometer atau tugu koin.

Baca juga: Struktur Kubah Masjid Raya Al Jabbar Dilapisi Formula Khusus

Setelah shalat Id dilanjutkan dengan ceramah agama dan doa bersama. Kemudian jemaah juga dipersilakan untuk singgah di rumah dinas wali kota yang lokasinya bersebelahan dengan Lapangan Merdeka untuk acara open house.

Petugas siaga lebaran terlihat berjaga-jaga di area lapangan, mereka juga mengurai lalu lintas kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com