Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-pandemi, Okupansi Pusat Perbelanjaan di Jakarta Capai 88 Persen

Kompas.com - 14/04/2023, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melandainya penyebaran Covid-19 membuat tingkat okupansi pusat perbelanjaan di Jakarta terus meningkat.

Ini merupakan kabar baik bagi para pemilik mal lantaran tingkat okupansi selama pemberlakuan PPKM menurun drastis. 

JLL Indonesia mencatat, pada kuartal 1 tahun 2023, tingkat hunian ruang ritel cukup stabil dan berada di angka 88 persen.

Baca juga: Besok, Anda Bisa Belanja di Lotte Mall hingga Tengah Malam

“Tingkat hunian ritel di Jakarta cukup sehat dan ada di angka 88 persen. Di kuartal 1 tahun ini, belum ada pasokan mal baru,” ungkap Head Of Research JLL Indonesia, Yunus Karim dalam JLL Media Briefing Q1 2023, Rabu (12/4/2023). 

Menurut dia, belum ada pasokan mal baru di Jakarta lantaran ada kehati-hatian dari pemerintah lokal untuk memberikan izin pembukaan mal baru.


Pada kuartal ini, terlihat bahwa restoran dan fasilitas hiburan ramah keluarga kembali mendominasi aktivitas peritel.

“Dari sisi tenant, saat ini banyak brand internasional yang ingin punya toko pertama mereka di Indonesia dan tentu saja itu ada di Jakarta,” jelas Yunus.

Baca juga: Central Park Mall Dijual ke Jepang, Kini Posisinya Nomor 3 di Kelas Menengah-Atas

Soal harga sewa, ia menambahkan, hingga saat ini belum ada pergerakan harga sewa yang signifikan. Namun, diharapkan hingga akhir tahun ada kabar baik bagi para pemilik ritel.

“Hingga akhir tahun 2023 ini, akan ada tiga mal baru yang akan memasuki pasar ritel Jakarta. Karena itu, diperkirakan ada tambahan pasokan sebesar 115.000 meter persegi,” tambah Yunus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com