Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan 4 Bandara Alternatif Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kompas.com - 09/04/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara telah menyiapkan bandara alternatif terdekat dengan Bandara Komodo

Bandara ini nantinya difungsikan sebagai tempat parkir pesawat bagi para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara Lombok Praya di Nusa Tenggara Barat (NTB), Bandara Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Bandara El Tari di NTT.

Baca juga: Pengumuman, Ada Potongan Harga Tiket KA Bandara Rp 20.000

Sejumlah fasilitas pendukung lain juga telah disiapkan untuk mendukung kegiatan KTT ASEAN, meliputi fasilitas pemeriksaan Custom, Immigration and Quarantine (CIQ) dan helipad untuk medical evacuation (evakuasi medis).

Tidak hanya itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah mengecek kesiapan sarana dan prasarana transportasi, mulai dari Bandara Komodo, Dermaga, maupun Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu.

Baca juga: Venue ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo Siap Dipakai April

“Kami ingin memastikan dukungan dari sektor transportasi berjalan dengan baik. Sehingga, turut menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di mana Indonesia dipercaya sebagai ketua pertemuan, seperti halnya event internasional G20 tahun lalu,” ucap dia dikutip dari laman Kemenhub, Minggu (9/4/2023).

Menhub menjelaskan, fasilitas di Bandara Komodo baik di sisi darat maupun sisi udara telah siap untuk melancarkan penerbangan VVIP dan komersial.

“Bandara Komodo akan menjadi titik pertemuan sementara para tamu negara yang hadir di KTT ASEAN. Kita ingin memberikan kesan yang baik kepada para tamu negara,” ucap Budi melanjutkan.

Peninjuan selanjutnya dilakukan Menhub ke Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu yang telah beroperasi pada 2021 lalu untuk melayani bongkar muat logistik.

Sementara sarana dan prasarana transportasi lainnya yang ditinjau Budi adalah Dermaga Marina yang menjadi salah satu ikon wisata di Labuan Bajo dan menjadi tempat sandar kapal-kapal yacht.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com