Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metland Cetak Laba Bersih Tahun 2022 Senilai Rp 395,3 Miliar

Kompas.com - 05/04/2023, 22:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metropolitan Land Tbk atau Metland meraup laba bersih sebesar Rp 395,3 miliar atau tumbuh sebesar 6,26 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 372 miliar.

Perusahaan juga meraup pendapatan usaha sebesar Rp 1,38 triliun atau naik 15,5 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp 1,2 triliun. 

Menurut Direktur Metland Olivia Surodjo, pendapatan berulang Metland menjadi salah satu pendorong kenaikan laba.

Baca juga: Akhir 2023, Metland Cyber Puri Buka Kawasan Komersial 1,4 Hektar

“Pendapatan berulang Metland naik sebesar 44 persen dibanding tahun 2021 seiring dengan peningkatan pendapatan dari unit pusat perbelanjaan dan hotel karena Covid-19 yang semakin terkendali," ucap Olivia dalam rilis, Rabu (4/5/2023).

Peningkatan laba perseroan juga ditopang oleh peningkatan pendapatan penjualan properti dan beberapa penjualan lahan komersial di proyek residensial, serta peningkatan bagian laba atas ventura.

“Beberapa faktor lainnya yang mendorong kenaikan pendapatan dan laba bersih perseroan seperti pemanfaatan program PPN DTP sampai dengan September 2022, suku bunga bank yang kompetitif, serta produk-produk yang dipasarkan dapat diserap oleh target pasar," lanjut Olivia.

Untuk proyek residensial Metland Cileungsi, Metland Cibitung, serta dan Metland Menteng dan Wisteria menjadi penyumbang terbesar pada pendapatan penjualan properti perseroan tahun 2022.

Selain itu, nilai aset perseroan pada tahun 2022 juga tumbuh sebesar 5,09 persen yaitu mencapai Rp 6,74 triliun.

Sedangkan peningkatan ekuitas perseroan sebesar 7,91 persen menjadi Rp 4,76 triliun di tahun 2022.

Adapun Metland terus melanjutkan pengembangan pada unit usaha hotel, salah satunya pengembangan Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali.

Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud merupakan hotel bintang lima pertama yang dimiliki dan dikelola perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com