Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

112 Kilometer Lintas Selatan Yogyakarta Dipastikan Siap Jelang Lebaran

Kompas.com - 02/04/2023, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 262 kilometer jalan nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipastikan siap sebelum mudik Lebaran 2023 berlangsung.

Direktur Pembangunan Jalan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Satrio Sugeng Prayitno mengatakan, total panjang jalan nasional yang disiapkan tersebut mencakup Lintas Selatan Jawa atau Jalur Pantai Selatan (Pansela) sepanjang 112 kilometer.

"Jadi kesiapan 262 kilometer siap untuk menyambut kegiatan jalur mudik termasuk 112 kilometer Pansela yang telah tertangani di DIY bisa menjadi alternatif," kata Satrio, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Minggu (2/4/2023).

Untuk persiapan mudik Lebaran di Provinsi DIY, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY tengah menangani empat paket pekerjaan.

Antara lain, Rekonstruksi Jalan Bts. Wates-Milir-Sentolo (MYC 2022-2023), Rehabilitasi dan Pelebaran Jalan Karangnongko-Yogyakarta-Prambanan (MYC 2022-2023).

Lalu ada Preservasi Jalan Yogyakarta–Wonosari–Duwet (SY), dan Preservasi Jalan Yogyakarta-Tempel-Pakem-Prambanan-Yogyakarta (SY).

Untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas, pihaknya turut memastikan jalan nasional bebas lubang.

Baca juga: Kemantapan Lintas Pansela Jawa Hampir Sempurna, Siap Sambut Pemudik

"Untuk penanggulangan lubang agar zero hole sudah kami laksanakan, saat ini teman-teman sudah bekerja semua dan H-14 harapannya sudah tidak ada lubang di seluruh jalan di DIY," tambah Satrio.

Selain itu, untuk memperlancar konektivitas lintas selatan dan mempermudah akses wisata ke kawasan pantai, BBPJN Jawa Tengah-DIY telah membuka secara fungsional Jembatan Kretek 2 pada 31 Januari 2023.

Infrastruktur ini dapat menjadi alternatif bagi pemudik menuju jalur Lintas Selatan Jawa, sehingga mampu mengurai kepadatan di Lintas Utara.

Secara keseluruhan, kemantapan jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.821 kilometer terbagi atas Lintas Utara Jawa 1.192 kilometer dengan kondisi mantap 92 persen.

Kemudian, Lintas Selatan Jawa sepanjang 1.543 kilometer memiliki kondisi kemantapan 93 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com