Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Tol Trans-Sumatera, Hutama Karya Kebut 2 Bendungan Tahun Ini

Kompas.com - 29/03/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), PT Hutama Karya (Persero) akan menyelesaikan pembangunan dua bendungan di Indonesia tahun 2023 ini.

Keduanya adalah Bendungan Tigadihaji di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), serta Bendungan Ameroro di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tidak hanya bendungan, proyek lain yang akan diselesaikan Hutama Karya tahun ini adalah RS Sanglah di Bali, Menara Turyapada di Bali, PLTGU Tambak Lorok di Semarang dan EPC Tuban Jetty di Jawa Timur.

“Di tahun ini, Hutama Karya menargetkan penyelesaian pembangunan JTTS sepanjang 361 kilometer dan beberapa proyek jasa konstruksi lainnya antara lain, Bendungan Tigadihaji di Sumatera Selatan, Bendungan Ameroro di Sulawesi Selatan, RS Sanglah di Bali, Menara Turyapada di Bali, PLTGU Tambak Lorok di Semarang dan EPC Tuban Jetty di Jawa Timur,” jelas dia dalam rilis, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Biar Bisa Tampung Hujan, 62 Bendungan RI Sudah Ditambah Intake dan Pintu Air

Menginjak usia ke-62 tahun pada 29 Maret 2023, perseroan berkomitmen dan selalu optimistis untuk terus bergerak cepat dalam menyukseskan pembangunan proyek infrastruktur dan pengembangan bisnis dengan Karya terbaik untuk Indonesia Maju.

Tjahjo melanjutkan, saat ini Hutama Karya fokus dalam penyelesaian proyek-proyek JTTS yang sedang berjalan dan pencarian proyek baru.

“Salah satu proyek baru yang sedang digarap oleh Hutama Karya adalah Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau yang ditargetkan selesai pada tahun 2024,” ungkap dia.

Pada tahun 2022, perseroan berhasil menyelesaikan beberapa megaproyek mulai dari JTTS Ruas Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat (11,8 kilometer), Bengkulu-Taba Penanjung (3,4 kilometer), dan Pekanbaru-Bangkinang (30,9 kilometer).

Lalu, Bendungan Semantok di Jawa Timur, Masjid Al Jabbar di Jawa Barat, dan RSUP Dr. Ben Mboi di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu Hutama Karya juga telah mengimplementasikan digitalisasi di semua lini bisnis perusahaan seperti dengan menerapkan teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) Full Modul dan juga Building Information Modeling (BIM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com