Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Gempa Cianjur Bakal Bisa Rayakan Lebaran di Rumah Baru

Kompas.com - 27/03/2023, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan terus mempercepat proses pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Relokasi Tahap II untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pembangunan huntap yang berlokasi di Desa Murnisari, Kecamatan Mande tersebut dibangun dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) sebanyak 151 unit.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyampaikan, pada pekan lalu, dari target 151 unit yang akan dibangun, sudah ada 142 unit yang secara struktur bangunan sudah berdiri, tertutup atap, dinding, serta lengkap dengan pintu dan jendela.

"Jadi kami juga berharap Huntap Tahap II ini bisa segera selesai dan tinggal penyelesaian akhir sehingga Lebaran nanti masyarakat bisa berkumpul bersama keluarga di rumah yang baru," tuturnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Senin (27/03/2023).

Baca juga: Akhir Tahun Ini, 4.053 Unit Huntap Pasca-bencana di Sulteng Beres Dibangun

Hunian yang dibangun dengan tipe 36 dan luas kavling 75 meter persegi tersebut tetap menggunakan teknologi rumah tahan gempa yakni RISHA yang merupakan hasil inovasi Kementerian PUPR.

Selain itu, kompleks perumahan yang berada di belakang Kantor Kecamatan Mande tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai prasarana penunjang seperti mushala, balai warga, taman, serta penanaman pohon penghijauan.

Menurut Iwan, pembangunan Huntap Tahap II harus mendapat perhatian khusus karena masih banyak masyarakat terdampak yang masih mengungsi dan tinggal di tenda pengungsian.

Hal tersebut tentunya akan menimbulkan dampak lain misalnya penyakit yang dapat menggung kesehatan para pengungsi, khususnya anak-anak dan orang tua atau lanjut usia.

Dia pun mengajak semua pihak untuk melihat pembangunan Huntap untuk para pengungsi bukan sebagai sebuah proyek tapi merupakan operasi kemanusiaan yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Baca juga: Ingat, Korban Gempa Cianjur Tak Perlu Bayar Saat Urus Sertifikat Tanah

 Oleh karena itu, Kementerian PUPR berharap dukungan dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat penanganan pasca-bencana di Kabupaten Cianjur agar para pengungsi bisa segera mendapatkan bantuan dan tempat tinggal yang layak huni.

"Saya juga berjanji agar para pengungsi di Kabupaten Cianjur bisa segera menempati Huntap Relokasi Tahap II ini secepatnya sehingga mereka bisa Lebaran di rumah baru," tandasnya.

Sebelumnya, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Huntap Tahap I sebanyak 200 unit untuk warga terdampak gempa yang berlokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

"Untuk Huntap Tahap I proses pembangunannya dimulai sejak tanggal 1 Desember 2022 atau sekitar 10 hari setelah gempa bumi terjadi dan saat ini sudah mulai dihuni oleh masyarakat," pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com