Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tahun Berturut-turut, Bekasi Jadi "Juara" Serapan Lahan Industri

Kompas.com - 11/03/2023, 22:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat tahun terakhir Bekasi keluar sebagai juara keterserapan lahan industri di Jabodetabek dan sekitarnya.

Seperti merujuk laporan Knight Frank bertajuk Jakarta Property Highlight H2-2022, wilayah Bekasi kembali menjadi penyerap lahan industri terbanyak pada tahun 2022.

Jumlah lahan industri di Bekasi yang terserap seluas 91,2 hektare atau 44 persen dari total serapan sepanjang tahun 2022 di Jabodetabek dan sekitarnya, yaitu 207,5 hektare.

Setelah Bekasi, serapan lahan industri terbesar berikutnya berada di Karawang dan Cilegon-Serang.

Baca juga: Tahun 2023, 200 Hektar Lahan Industri Masuki Pasar Indonesia

Secara keseluruhan, keterserapan lahan industri di Jabodetabek dan sekitarnya berkisar 67,43 persen, terjadi peningkatan kumulatif 1,1 persen dari Semester I-2022.

Sebetulnya serapan penjualan lahan tahun 2022 ditutup lebih rendah dibandingkan tahun 2021, namun secara umum pergerakan masih positif.

Lima sektor yang menyerap lahan industri terbanyak meliputi data center, chemical, automotive-related, electronics, dan logistic.

Namun, data center dan chemical merupakan dua sektor potensial yang menyerap sekitar separuh dari total serapan lahan di paruh kedua tahun 2022.

Baca juga: Tol Akses Patimban Hidupkan Kawasan Industri Timur Jakarta

Adapun tahun 2023, ketangguhan performa kawasan industri diperkirakan akan terus berlanjut.

Future supply dari perluasan kawasan industri Greater Jakarta, seperti ke area Purwakarta-Sumedang, Subang, dan Sukabumi, akan mewarnai dalam beberapa tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com