Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Uang 1 Juta Dollar AS, Berapa Luas Rumah yang Bisa Dibeli di Jakarta?

Kompas.com - 09/03/2023, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar rumah mewah di Jakarta nampaknya paling menggiurkan bagi para investor jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Asia Pasifik.

Khususnya bagi orang-orang yang termasuk dalam kategori Ultra High Net Worth Individuals (UHNWIs) atau biasa dianggap crazy rich. Memiliki kekayaan lebih dari 30 juta dollar AS atau setara dengan Rp 463,2 miliar.

Jakarta bisa dibilang menggiurkan karena memiliki harga hunian premium yang paling menarik dan prospektif daripada kota-kota lain di Asia Pasifik.

Di dalam laporan Knight Frank berjudul The Wealth Report 2023, tersaji data luas rumah mewah di sejumlah kota Asia Pasifik yang akan didapatkan ketika dibeli dengan uang senilai 1 juta Dollar AS atau setara dengan Rp 15,4 miliar.

Baca juga: Indonesia Jadi Target Crazy Rich Australia dan Korsel Buat Beli Rumah

Hasilnya, jika membeli rumah mewah di Jakarta dengan nominal uang tersebut, para crazy rich bisa mendapatkan hunian premium yang luasnya sekitar 348 meter persegi.

Sementara di Kuala Lumpur, mereka mendapatkan rumah mewah seluas 240 meter persegi. Lebih kecil dibandingkan dengan luas rumah yang bisa diperoleh di Jakarta.

Lalu beralih ke Bangkok, dengan nominal uang yang sama, para crazy rich akan mendapat hunian premium yang luasnya semakin kecil, yakni 103 meter persegi.

Bahkan, apabila membeli di Beijing hanya memperoleh rumah mewah seluas 58 meter persegi, dan di Singapura 34 meter persegi.

Baca juga: Beleid Kenaikan Harga Rumah Subsidi Tak Kunjung Terbit, REI: Kami di-PHP Pemerintah

Berdasarkan data-data di atas, bisa disimpulkan bahwa hunian premium di Jakarta lebih menjanjikan sebagai instrumen investasi.

Karena harganya masih kompetitif, pasar rumah mewah di Jakarta paling prospektif dibandingkan dengan kota-kota lain di Asia Pasifik.

Sebagaimana proyeksi Knight Frank bahwa harga hunian premium di Jakarta memiliki pertumbuhan positif dan akan berlanjut pada tahun-tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com