Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTAR Bangunkan Aula untuk SMAN 1 Batangtoru

Kompas.com - 09/03/2023, 14:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – PT Agincourt Resources (PTAR) meresmikan aula terbuka SMAN 1 Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara pada 6 Maret 2023.

Penandatanganan prasasti dilakukan General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis, Kepala SMAN 1 Batangtoru Zuhdi Pulungan dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 11 Sumut Sakty Siregar.

Pengelola tambang emas Martabe ini, mengucurkan anggaran sebesar Rp 732 juta untuk membangun fasilitas aula yang sudah diserahterimakan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumut. Digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Rahmat Lubis mengatakan, perusahaannya komitmen memperluas akses berkualitas dan mempercepat penyediaan layanan pendidikan melalui berbagai program, salah satunya sarana dan prasarana sekolah.

Baca juga: Deliserdang Raih Adipura sampai 16 Kali, Bupati: Jangan Buang Sampah Sembarang

SMAN 1 Batangtoru berdiri pada 1983, satu-satunya SMA di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru dengan jumlah siswa saat ini sebanyak 638 orang.

"Pembangunan aula adalah bagian kecil kontribusi kami dalam memajukan dunia pendidikan di Batangtoru dan Muara Batangtoru. Harapannya, aula ini membuat anak-anak lebih nyaman dan fokus di sekolah," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/3/2023).

Aula seluas 160 meter persegi dibangun selama tiga bulan dengan kontraktor lokal yang diseleksi melalui proses tender. Setelah serah terima, pengelolaan, perawatan dan penggunaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab SMAN 1 Batangtoru.

"Terima kasih sudah memberi kami kesempatan berkontribusi. Tolong ajak kami lagi jika ada ide-ide kreatif yang bisa memberi efek positif, bagi kami, penting memastikan anak didik saat ini lebih maju dari generasi sebelumnya," ujar Rahmat.

Komitmen bidang pendidikan PTAR tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan dan Keterlibatan Masyarakat 2021, mengikuti pedoman pelaksanaan yang diterbitkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kontribusi untuk masyarakat lingkar tambang

Rumusan PPM Tahun Anggaran 2023 selaras dengan tujuan dan program pembangunan Pemkab Tapsel, Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru serta masyarakat lingkar tambang.

Akhir Januari lalu, perusahaan mengadakan lokakarya. Ada 56 perwakilan dari 21 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dinas terkait menghadiri “Workshop Sinkronisasi dan Integrasi Program PPM PTAR dan Pemkab Tapanuli Selatan.”

Dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Pemkab Tapsel Hamdan Zein Harahap, dilanjutkan dengan pemaparan program dari masing-masing pihak.

Pemkab Tapsel diwakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Chairul Rizal Lubis. Katanya, PPM PTAR diharap menyuntikkan pengetahuan ke desa-desa agar desa lebih adaptif dalam menangkap peluang pemberdayaan masyarakat.

"Terjadi transfer knowledge sehingga pengetahuan di Muara Batangtoru dan Batangtoru meningkat. Ketika PTAR berakhir masa operasinya, masyarakat sudah mandiri dan mengembangkan diri," kata Chairul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com