Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket KA Lebaran Sudah Terjual 299.782, Ini Relasi dan Tanggal Favorit

Kompas.com - 08/03/2023, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengemukakan data sementara mengenai penjualan tiket kereta api (KA) Lebaran 2022 per 8 Maret 2023 pukul 08.30 WIB.

Mengutip informasi dari laman KAI pada Rabu (08/03/2023), tiket KA Jarak Menengah/Jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023 yang telah terjual untuk keberangkatan periode 12-22 April 2023 adalah 299.782 tiket.

Jumlah itu sekitar 26,5 persen dari total keseluruhan tiket KA Lebaran yang disediakan sebanyak 1.129.389 tiket. Tentu jumlahnya akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Sejauh ini, relasi favorit yaitu dari arah Jakarta/Jawa Barat menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur atau lebih dikenal dengan arus mudik.

Adapun perjalanan KA yg masuk 5 Besar dalam okupansi yang telah dipesan di antaranya, KA Airlangga 87,40%; KA Kahuripan 81,85%; KA Bengawan 80,57%; KA Sritanjung 57,69%; dan KA Fajar Utama Solo 50,91%.

Baca juga: 123 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran 2023, Ini Daerah Asal dan Tujuan Terbanyak

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya 20 April 2023 sebesar 50%; Tanggal 21 April 2023 sebesar 47%; dan Tanggal 19 April 2023 sebesar 43%.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

Di sisi lain, KAI bersama stakeholder perkeretaapian melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa mulai Senin (6/3/2023) sampai dengan Rabu (8/3/2023).

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan KAI dari berbagai aspek menjelang Angkutan Lebaran 2023.

Inspeksi meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya. Lokomotif, kereta, dan jalur KA harus dalam kondisi andal dan siap operasi.

"Angkutan Lebaran merupakan musim puncak transportasi yang ada di Indonesia selain Natal dan Tahun Baru. Pengecekan ini kami lakukan untuk memastikan perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran 2023 nanti berjalan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Baca juga: Naik Kereta Tak Perlu Lagi Bawa Kartu Vaksin

Perjalanan inspeksi tesebut dibagi menjadi dua perjalanan, yaitu lintas utara dan selatan Pulau Jawa. Inspeksi lintas utara Jawa dimulai dari Stasiun Gambir menuju Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Ketapang, hingga Surabaya Gubeng.

Sedangkan untuk jalur selatan, perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Malang, Blitar, Kertosono, hingga Surabaya Gubeng.

Di samping Komisaris dan Direksi KAI, turut serta dalam inspeksi tersebut Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono serta jajaran Ditjenka Kemenhub.

Dalam perjalanan tersebut juga dilakukan identifikasi titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra. KAI konsisten mengantisipasi adanya potensi titik rawan yang terdiri dari rawan banjir, longsor, dan amblesan.

KAI menyiagakan petugas pemeriksa jalur ekstra, petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, serta petugas posko daerah rawan ekstra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com