Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kontribusi Hunian Kalangan Urban, HK Realtindo Siap Bangun Mixed Use

Kompas.com - 05/03/2023, 23:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hunian merupakan salah satu kebutuhan primer sekaligus hak warga negara yang wajib diselenggarakan oleh Negara sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. 

Dalam kerangka memenuhi kewajiban itulah, sejak April 2015 Pemerintah meluncurkan Program Sejuta Rumah (PSR) yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Mulai dari pengembang (developer) swasta, pengembang BUMN, perbankan, maupun 174 pelaku industri terkait.

PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya Hutama Karya (HK) Realtindo turut serta berkontribusi merealisasikan PSR dengan membangun hunian berkualitas.

Hal ini sekaligus demi memenuhi harapan para pemangku kepentingan, terutama masyarakat urban di perkotaan yang menjadi orientasi perseroan.

Sejak 10 Mei 2010, HK Realtindo sebagai pengembang dan juga pemilik lahan (land ownser) telah membangun sejumlah proyek hunian di berbagai wilayah, khususnya di kawasan Jadebotabek.

Baca juga: Tingkatkan Kontribusi Hunian Kalangan Urban, HK Realtindo Siap Bangun Mixed Use

Satu di antaranya yang menjadi acuan dan tren yang tak lekang masa adalah pengembangan hunian milenial berbentuk apartemen khusus mahasiswa Kubikahomy.

Proyek ini menempati area strategis seluas 0,3 hektar di kawasan BSD City, Tangerang Selatan, Banten, yang dikelilingi sejumlah lembaga pendidikan, dan perguruan tinggi ternama.

Tak mengherankan, dengan konsep asrama mahasiswa bercita rasa apartemen, Kubikahomy yang mencakup 289 kamar strata title, laris manis terserap pasar. 

Proyek ini dinilai sebagai jawaban tepat atas kebutuhan pasar pada saat itu (2011), yakni hunian yang bisa diakses dengan mudah melalui berbagai moda transportasi publik. 

Hunian dengan konsep tersebut saat ini beken dilabeli dengan jenama properti Transit Oriented Development (TOD).

Tak hanya itu, desainnya yang dirancang compact, minimalis, dan modern dengan luas kamar mulai 19 meter persegi hingga 27 meter persegi, dianggap sebagai portofolio HK Realtindo yang memenuhi ekspektasi konsumen.

Tak hanya melengkapinya dengan fasilitas kolam renang, barbeque area, dan layanan laundry, HK Realtindo juga menggelar program pelatihan Kubikahomy Youth Entrepreneurship (YTE) sesuai bidang minat penghuni.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada para penghuni oleh para tenaga profesional yang bekerja sama dengan perseroan, guna menghasilkan entreprenuer-entrepreneur muda.

Mereka yang diberi pelatihan dalam inkubasi bisnis tersebut bisa mengaktualisasikan kemampuannya menjadi tenaga magang di perusahaan-perusahaan naungan Hutama Karya.

Hingga saat ini, tingkat okupansi Kubikahomy yang ditawarkan dengan harga perdana Rp 250 juta hingga Rp 404 juta tersebut selalu 100 persen. Konsep hunian apartemen berbasis TOD inilah yang membuat Kubikahomy mendulang kesuksesan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com