Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Sumatera Barat Bakal Punya Jalan Tol Tahun 2024

Kompas.com - 05/03/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menunggu selama lima tahun, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kini memiliki kepastian untuk memiliki jalan tol pertamanya.

Tol yang dimaksud adalah seksi Padang-Sicincin yang akan selesai dibangun pada Kuartal II tahun 2024 mendatang.

Seksi yang merupakan bagian dari ruas Tol Padang-Pekanbaru ini sempat terganjal pembebasan lahan hingga 36 kilometer. Namun, masalah itu sudah mulai terselesaikan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pun telah meninjau ruas tol yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) dan dikerjakan oleh anak usahanya, PT Hutama Karya Infrastruktur atau HKI tersebut, Sabtu (4/3/2023).

"Dari 36 kilometer seksi ini, masalah pengadaan lahan yang sebelumnya menjadi kendala terbesar dari pelaksanaan konstruksi. Alhamdulillah, bisa mulai terselesaikan," ujar Danang kepada Kompas.com.

Baca juga: Pembebasan Lahan Mulai Dibereskan, Padang-Sicincin Tersambung Tol pada 2024

Dengan proses pembebasan lahan yang bakal selesai, diharapkan konstruksinya pun juga akan segera beres.

Sebagai informasi, ruas Tol Padang–Sicincin merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 kilometer.

Rinciannya, Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang, dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Ruas tol ini merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumbar.

Kehadiran Tol Pekanbaru-Padang secara keseluruhan nantinya membawa manfaat positif bagi perekonomian dan pariwisata kedua wilayah setempat.

Di mana akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang ke Pekanbaru dari 9 jam via jalan arteri menjadi sekitar 3 jam via jalan tol dengan kecepatan rerata 80 kilometer per jam.

Tak hanya memangkas waktu perjalanan, jalan tol ini akan membuka konektivitas antar-wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik.

Selain itu juga, tol ini akan menghubungkan dua pelabuhan laut yang berada di Padang dan Dumai, Riau, serta akan mengefisienkan mobilitas orang dan barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com