Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin Ini, Dua Menteri Tinjau Tol Solo-Yogya-Kulonprogo, Berfungsi Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/02/2023, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dijadwalkan akan meninjau Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, Senin (27/2/2023).

Tidak hanya Sri Mulyani dan Basuki, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga direncanakan akan memantau progres tol tersebut.

Informasi tersebut sebagaimana disampaikan Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi di Solo, Minggu (26/2/2023).

"Siapa yang akan hadir? Insya Allah yang hadir Menteri Keuangan, Menteri PUPR, Gubernur Jateng, mudah-mudahan Gibran (Wali Kota Solo datang), dan para bupati yang wilayahnya terkena proyek," jelas Basuki.

Diketahui, maksud peninjauan Sri Mulyani dan Basuki  untuk meninjau kesiapan fungsional tol tersebut untuk mudik Lebaran tahun 2023 ini.

Dikutip dari informasi resmi di laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Minggu (26/2/2023), Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo terbagi dalam tiga seksi. Saat ini untuk Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 kilometer.

Baca juga: Progres Konstruksi Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo, Dua Seksi Masuk Persiapan

Konstruksi terbagi menjadi dua paket, yaitu Paket 1 Solo-Klaten (22,30 kilometer) dan Paket 2 Klaten-Purwomartani (20,08 kilometer).

Kedua paket tersebut diharapkan dapat selesai pada akhir tahun 2023.

Sementara Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 kilometer, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 kilometer masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai pada Kuartal IV tahun 2025 .

Untuk Seksi 2 Purwomartani-Gamping terbagi menjadi dua paket, yaitu Paket 2.1 Purwomartani-Monjali (9,43 kilometer) dan Paket 2.2 Monjali-Gamping (14 kilometer) ditargetkan akan selesai konstruksi pada tahun 2025.

Khusus untuk ruas Purwomartani-Maguwoharjo (3,63 kilometer) dan Trihanggo-Junction Sleman (3,25 kilometer), ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2024.

Selanjutnya untuk Seksi 3 Gamping-Purworejo terbagi pula menjadi Paket 3.1 Gamping-Wates (17,45 kilometer) dan Paket 3.2 Wates-Purworejo (13,32 kilometer).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com