Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Perumahan Subsidi di Kalsel Dapat Bantuan PSU, Berikut Daftarnya

Kompas.com - 22/02/2023, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan melaksanakan pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) di 15 perumahan subsidi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada tahun 2023.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Fitrah Nur mengatakan, Bantuan PSU adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah bersubsidi untuk masyarakat.

"Selain itu, kualitas PSU yang dibangun juga harus baik dan berkualitas," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Rabu (22/02/2022).

Dia meminta agar dalam proses pelaksanaan pembangunan PSU di lapangan seluruh pihak menerapkan prinsip 7T yakni Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Biaya, Tepat Administrasi, Tepat Manfaat, Tanpa Temuan, dan Tanpa Pengaduan.

Baca juga: Ingin Mengajukan Bantuan Prasarana Utilitas Perumahan? Simak Syaratnya

Selanjutnya agar Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Kalsel dan Pejabat pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan RUK untuk mengawasi pekerjaan dan menjaga komitmen bersama.

"Laksanakan pembangunan PSU dengan baik dan cepat serta berkualitas supaya MBR bisa lebih terbantu dalam mendapatkan hunian yang layak dan nyaman," tutur Fitrah Nur.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II, Hujurat menerangkan, jumlah bantuan PSU tahap pertama yang dialokasikan untuk perumahan subsidi di Kalsel sebanyak 980 unit.

Lokasi perumahan tersebar di tujuh kabupaten/kota, berikut daftarnya:

  • Kabupaten Banjar yakni di Perumahan Shalli Messi Manarap (64 unit), Perumahan Berkat Pesona Sungai Lulut (50 unit), Perumahan Fitria Jaya Residence (71 unit), dan Perumahan Villa Mahantas (63 unit).
  • Kabupaten Barito Kuala yakni di Perumahan Anisah Regency (50 unit), Perumahan Griya Anisah Permai II (54 unit), dan Perumahan Griya Azzam (50 unit).
  • Kota Banjarmasin di Perumahan Villa Sunny Residence (59 unit), dan Perumahan Green Sunny Estate (93 unit).
  • Kabupaten Tanah Laut di Perumahan Berkat Pesona Karang Taruna II (68 unit).
  • Kabupaten Tabalong berada di Perumahan Rizky Tanjung Regency Tahap II (88 unit).
  • Kabupaten Tanah Bumbu di Perumahan Bumi Barokah (117 unit), Perumahan Batulicin Town House (50 unit), dan Perumahan Buana Mega Residence (50 unit).
  • Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Perumahan Pondok Bidadari Asri II (53 unit).

Baca juga: Tahun 2022 Lampaui Target, Kini Kuota Bantuan PSU Perumahan Bertambah

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II pun telah melakukan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Bantuan PSU Perumahan Subsidi bagi MBR di Kalsel TA 2023.

Kegiatan tersebut juga dihadiri 15 developer perumahan beserta pihak calon penyedia jasa Pelaksana Bantuan PSU di Kalsel.

"Kami harap pelaksanaan pembangunan di lapangan bisa berjalan dengan baik dan lancar," pungkas Hujurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com