Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Pegawai 15 UIN Punya Rumah Layak, BP Tapera Gandeng BSI

Kompas.com - 19/02/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI, serta 15 Universitas Islam Negeri (UIN) menandatangani kerja sama tripartit dalam memaksimalkan penyerapan pembiayaan perumahan tahun 2023.

Penandatanganan kerja sama antara BP Tapera dan BSI ini melibatkan 15 Kampus UIN
di seluruh Indonesia diantaranya UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Mas Said Solo, UIN Pekalongan, UIN Datokarama Palu, dan UIN Mataram.

Selanjutnya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Padang Imam Bonjol, UIN Makassar, UIN Jember, UIN Antasari Banjarmasin, UIN SUSKA Pekanbaru, UIN Purwokerto, UIN Palembang dan UIN Malang.

Deputi Komisioner BP Tapera Bidang Pemanfaatam Dana Tapera Ariev Baginda Siregar menyampaikan, melalui program pembiayaan perumahan KPR ini diharapkan dapat membantu pegawai di lingkungan UIN yang belum memiliki rumah dapat memiliki rumah yang layak dan terjangkau.

"Kami berharap melalui program ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi para pegawai di lingkungan UIN,” kata dia dalam rilis, Sabtu (18/2/2023).

Baca juga: BP Tapera Hadirkan Gerakan Rumah Pertama di 8 Provinsi

Menurut Direktur Sales & Distribution Bank BSI Anton Sukarna, program tersebut merupakan partisipasi BSI dalam mendukung dan menjalankan program nasional pemerintah.

Utamanya, dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), khususnya para ASN/PNS agar dapat memiliki rumah dan tentunya tetap dalam koridor sesuai prinsip syariah.

Dia berpendapat, BSI berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam memberikan solusi kepada masyarakat agar dapat memiliki hunian layak.

"Target kegiatan ini adalah terbentuknya sinergi antara BSI, BP Tapera, dan UIN yang melibatkan sebanyak 15 universitas di 15 area di seluruh Indonesia," ucap Anton.

Kerja sama yang terbangun diharapkan mampu membuka jembatan bagi BSI menunaikan niatn dalam memenuhi kebutuhan perumahan bagi civitas akademika dan insan UIN se-Indonesia.

Anton mengatakan, BSI terus berkomitmen menjadi sahabat finansial, sosial, dan spiritual bagi masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai produk dan layanan unggulan, sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan mudah kapanpun dan di manapun.

“Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI terus memberikan layanan perbankan modern, inklusif, dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. BSI akan bersama-sama ekonomi Indonesia yang lebih baik,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com