Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KH Hasyim Asy'ari Ditabalkan Menjadi Nama Jalan di Kota Lubukpakam

Kompas.com - 18/02/2023, 07:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Pendiri dan Rais Akbar Nahdlatul Ulama yang juga pahlawan Nasional Kiai Haji Hasyim Asy'ari, ditabalkan namanya menjadi nama jalan di Kota Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara.

Penabalan ini sebagai penghormatan kepada ulama yang memiliki andil besar bagi Indonesia dan umat Islam.

Jalan yang sebelumnya bernama Pantai Labu, memiliki panjang 2 kilometer. Mulai dari perbatasan simpang Jalan KH Ahmad Dahlan sampai Jalan Pondok Emplasemen Kualanamu, Kecamatan Beringin, menghubungkan Kota Lubukpakam-Kecamatan Beringin-Pantai Labu.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan saat peresmian jalan mengatakan, KH Hasyim Asy'ari adalah ulama besar yang banyak pemuka agama berguru kepadanya. Banyak tulisannya menjadi rujukan, tidak hanya di Indonesia tapi di dunia.

KH Hasyim Asy'ari mendirikan NU bersama ulama lain, salah satu dasar pemikirannya agar keagamaan dan kebangsaan menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan.

Baca juga: Pasok Air Baku di Medan dan Deli Serdang, Bendungan Ini Ditarget Tuntas Akhir 2023

"Salah satu pendapat beliau adalah cinta Tanah Air merupakan bagian dari iman. Saat perjuangan kemerdekaan, beliau menjadi tokoh sentral resolusi jihad pada Oktober 1945," kata Ashari lewat keterangan resminya, Jumat (17/2/2023).

Resolusi Jihad di Surabaya kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan. Atas andil besar itu, wajar dan pantas bila ayah dari KH Wahid Hasyim yang juga pahlawan nasional perumus Piagam Jakarta serta kakek mantan Presiden Indonesia keempat, Almarhum KH Abdurrahman Wahid disematkan namanya menjadi nama jalan.

"Selain sebagai tanda hormat kita kepada beliau, juga ada harapan bagaimana kita mengenang beliau. Memahami ajaran dan kehidupan beliau, Insya Allah kita mampu menyontohnya," ucap Ashari.

Dia mengapresiasi semua pihak, khususnya DPRD Deliserdang dan organisasi masyarakat Islam yang mendukung penabalan nama jalan tersebut.

"Mudah-mudahan semua ini bermanfaat untuk kita, bagi diri seseorang yang kita cintai," katanya.

Ketua Pengurus Wilayah NU Sumut Marahalim Harahap pun mengapresiasi Pemkab Deliserdang yang bersedia menyematkan nama KH Hasyim Asy'ari menjadi nama jalan.

"Terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Deliserdang yang telah membuat nama jalan di kota strategis ini. KH Hasyim Asy'ari adalah tokoh nasional yang dijuluki rais akbar pertama Nahdlatul Ulama pada hari lahir satu abad lalu," sebut Marahalim.

Menurut mantan wakil rakyat ini, KH Hasyim Asy'ari telah meletakkan dasar-dasar sebagai bangsa dan negara. Meletakkan fondasi untuk umat Islam menjadi rahmatan lil alamin.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Syahrul dalam laporannya menjelaskan, penetapan KH Hasyim Asy'ari menjadi nama jalan berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 128 pada 15 Februari 2023.

Mendapat persetujuan wakil rakyat melalui surat ketua DPRD Deliserdang Nomor 620/587 pada 15 Februari 2023.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com