Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2023, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat '(PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada 22 Februari 2023-23 Februari 2023.

Namun, sebelum Jokowi datang ke IKN, Basuki akan mendatangi IKN terlebih dahulu pada 21 Februari 2023 mendatang untuk melihat kesiapan infrastruktur.

"Jadi tanggalnya 22-23 Februari, saya tanggal 21 (Februari) ke sana," ujar Basuki di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Akan tetapi, Basuki belum mengetahui pasti apakah Jokowi membawa calon investor atau tidak.

Sebelumnya, seluruh investor akan diajak Jokowi ke bakal ibu kota baru Indonesia tersebut, tak terkecuali Malaysia.

Para investor ini sejatinya telah memasukkan Letter of Intent (LoI) atau surat pernyataan resmi untuk melakukan kerja sama.

Baca juga: Jokowi Bakal Ajak Investor ke IKN Akhir Februari, Siapa Saja?

Basuki menargetkan, pembangunan hunian Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri, di IKN bisa dimulai pada Juni atau Juli 2023.

Jika demikian, pekerjaan bisa selesai sesuai waktu yang telah ditetapkan pada 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkannya usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (30/1/2023).

"Perumahan ASN, TNI, dan Polri sudah diputuskan 47 tower yang akan segera dibangun untuk sekitar 16.900 ASN, TNI, dan Polri. ASN ada 11.000, TNI-Polri sekitar 5.000," jelasnya dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Menurut Basuki, apartemen tersebut akan berstatus sebagai rumah dinas bagi para ASN, TNI, dan Polri yang bertugas. "(statusnya) Rumah dinas yang diputuskan.

Nanti setelah itu kalau mungkin ada (rumah) tapak yang bisa dibeli. Tapi yang ini untuk ASN, TNI, Polri yang didinaskan ke sana,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com