Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Lagi, Nih Fasilitas Baru Kereta Panoramic

Kompas.com - 08/02/2023, 09:31 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengoperasikan Kereta Panoramic pada Februari 2023 usai terakhir beroperasi pada 8 Januari 2023 atau masa Angkutan Natal dan Tahun Baru.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, KAI melihat antusiasme masyarakat yang tinggi menikmati Kereta Panoramic.

Karena dapat melihat keindahan jalur selatan kereta api Pulau Jawa yang terkenal dengan pemandangan eksotis, berkelok, dan melintasi jembatan, serta terowongan.

"Oleh karena itu, KAI kembali mengoperasikan Kereta Panoramic untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam menikmati layanan kereta api," ujar Joni dalam keterangan resmi dikutip dari laman KAI, Rabu (08/02/2023).

Dia menjelaskan, sebelum dioperasikan kembali pada Februari ini, KAI telah melakukan evaluasi dan perbaikan fasilitas Kereta Panoramic.

Kini, Kereta Panoramic hanya memiliki 38 kursi dari yang sebelumnya 46 kursi. Kursi di baris 1 dan 12 dihilangkan untuk memberikan keleluasaan bagi pelanggan menikmati pemandangan.

Baca juga: Kereta Panoramic Beroperasi Lagi pada Februari, Ini Rute dan Jadwalnya

Selain itu, KAI juga menambahkan pantry yang elegan bagi pelanggan yang ingin menikmati snack dan minuman gratis.

Perlu diketahui, pada Februari ini Kereta Panoramic beroperasi setiap Jumat dan Minggu di dua rute atau relasi perjalanan.

Rinciannya, pada tanggal 3, 10, 17, dan 24 Februari 2023, Kereta Panoramic dirangkaikan pada KA Argo Parahyangan (nomor KA 44) relasi Gambir-Bandung dan pada KA Argo Wilis (nomor KA 6) relasi Bandung-Surabaya Gubeng.

Potret di dalam Kereta Panoramic.Dok. KAI Potret di dalam Kereta Panoramic.
Lalu, tanggal 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023, Kereta Panoramic disambungkan dengan KA Argo Parahyangan (nomor KA 51) relasi Bandung-Gambir dan KA Argo Wilis (nomor KA 5) relasi Surabaya Gubeng-Bandung.

Adapun selama dua hari dioperasikan yakni 3 Februari dan 5 Februari 2023, total terdapat 163 penumpang Kereta Panoramic dengan okupansi mencapai 107%.

Detailnya yaitu Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung sebanyak 38 penumpang, Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng sebanyak 45 penumpang.

Sedangkan Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir sebanyak 38 penumpang, Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung 42 penumpang.

Baca juga: September 2024, Ada Rute Baru LRT Jakarta Velodrome-Manggarai

Saat ini, pengelolaan Kereta Panoramic dilakukan oleh anak usaha KAI yaitu KAI Wisata.

Untuk masyarakat yang tertarik menikmati layanan eksklusif Kereta Panoramic, pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Call Center 121 dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

"KAI Group akan terus melakukan evaluasi pada layanan Kereta Panoramic agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan," tutup Joni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com