Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun di Baubau Dibangun Cuma Buat Mahasiswi di Universitas Ini

Kompas.com - 23/01/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Buton di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara nantinya bisa tinggal di rumah susun (rusun) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Saat ini, groundbreaking (peletakan batu pertama) atas rusun bagi mahasiswi Universitas Muhammadiyah Buton, Senin (23/1/2023).

Rusun senilai Rp 15,17 miliar tersebut dibangun satu tower setinggi tiga lantai, 43 unit hunian tipe 24, serta dua ruang serbaguna yang dapat menampung sebanyak 168 mahasiswa.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, rusun untuk asrama di perguruan tinggi merupakan upaya pemerintah melatih para mahasiswa terbiasa tinggal di hunian vertikal.

"Selain itu, kami juga ingin perguruan tinggi di daerah bisa meningkatkan kualitas pendidikannya,” terang dia dilansir dalam rilis, Senin (23/1/2023).

Selain itu, Iwan juga berharap dengan hadirnya rusun tersebut dapat mencetak mahasiswa yang cerdas dari sisi akademik dan spiritual.

Baca juga: Resmikan Rusun Ponpes Al-Falah Lembah Manah, Basuki: Semoga Para Santri Makin Sregep

Sehingga, dapat memberikan konstribusi Kota Baubau secara khusus. Selain itu, juga berkontribusi bagi bangsa dan negara dan berkiprah secara internasional.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Iskandar Ismail menerangkan, lokasi pembangunan rusun berlokasi di KM 5 Kelurahan Kadolokatapi, Kota Baubau.

Sedangkan proses konstruksi rusun direncanakan sekitar 10 bulan setelah peletakan batu pertama dilaksanakan.

"Kami juga akan melengkapi rusun tersebut dengan meubelair berupa ranjang tidur, lemari, kursi dan meja belajar," kata Iskandar.

Harapannya, mahasiswa dapat belajar dengan tenang sehingga meningkatkan nilai belajar mereka.

"Kami mohon doa dan dukungannya agar rusun dapat dibangun tepat waktu dan segera dimanfaatkan," lanjut dia.

Sedangkan Rektor Universitas Muhammadiyah Buton Dr. Waode Al Zarliani, SP.,MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan tersebut.

”Akhirnya pembangunan Rusun dapat terealisasi di lapangan. Rusun ini nantinya akan diperuntukkan bagi mahasiswi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com