Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Rusun Ponpes Al-Falah Lembah Manah, Basuki: Semoga Para Santri Makin "Sregep"

Kompas.com - 22/01/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini, santri di Yayasan Pondok Pesantren Al-Falah Lembah Manah di Magelang, Jawa Tengah memiliki rumah susun (rusun).

Pasalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah meresmikan rusun tersebut, Jumat (20/1/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Basuki menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian rusun Yayasan Pondok Pesantren Al-Falah Lembah Manah.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan sejumlah pesan penting kepada para santri yang akan menempati rusun tersebut.

"Semoga setelah tinggal di rusun yang nyaman ini, para santri makin sregep (rajin) belajarnya. Tolong dijaga ya kebersihannya," ucap Basuki dikutip dari rilisnya, Sabtu (21/1/2023).

Pada kesempatan itu, Basuki juga mengecek satu per satu unit hunian yang ada serta meubelair yang tersedia di dalamnya.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Buton Bakal Punya Rusun Mahasiswa, Ini Spesifikasinya

Dengan adanya bantuan pembangunan rusun ini, kualitas pendidikan di Ponpes bisa lebih ditingkatkan serta memacu generasi muda untuk ikut menjaga serta berlatih tinggal di hunian vertikal.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Salahudin Rasyidi menerangkan, pembangunan rusun tersebut dilaksanakan secara multi-years contract (MYC) atau kontrak tahun jamak.

Ini dilaksanakan sejak September 2020 hingga April 2021 dengan biaya pembangunan senilai Rp 3,1 miliar.

"Lokasi pembangunan rusun yang dibangun Ditjen Perumahan itu berada di Desa Mranggen, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang dan sudah dihuni," terangnya.

Berdasarkan data yang ada, luas bangunannya mencapai 392,85 meter persegi. Rusun ini dibangun satu tower tipe barak mini setinggi dua lantai dengan empat unit hunian empat barak dengan daya tampung 56 santri.

Sejumlah fasilitas juga tersedia seperti meubelair berupa lemari dua pintu dan
tempat tidur susun masing-masing 28 unit, kamar mandi komunal, serta tempat wudhu di setiap lantai.

"Rusun ini sangat bermanfaat dan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar serta memenuhi kebutuhan hunian santri di ponpes," tutup Salahudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com