Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Siap Beroperasi

Kompas.com - 22/01/2023, 13:23 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 2 (KM 448+994–KM 465+000) ruas Sayung–Demak di Semarang, Jawa Tengah dinyatakan laik fungsi sehingga siap dioperasikan untuk umum.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/1/2023)

Menurut Danang, Tim Evaluasi Laik Fungsi Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 2 ruas Sayung–Demak yang dibentuk oleh Direktur Jenderal Bina Marga telah melaksanakan evaluasi laik fungsi.

“Tim merekomendasikan bahwa secara administrasi, teknis, dan sistem operasi, Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 2 ruas Sayung–Demak dinyatakan laik fungsi sehingga siap dioperasikan untuk umum,” ungkapnya.

Artikel tersebut menjadi terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com, Minggu (22/1/2023).

Lantas, berapa biaya pembangunan tol tersebut? Ketahui jawabannya melalui tautan ini Dinyatakan Laik Fungsi, Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 2 Siap Beroperasi

"Perpindahan ini untuk pemerataan, untuk keadilan," ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah melangsungkan penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi seluruh Indonesia di Titik Nol Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 14 Maret 2022, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (21/1/2023).

Serangkaian kegiatan Presiden dan para petinggi negara kala itu menandai keseriusan Pemerintah memindahkan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara.

Sebelum mengawali pembangunan IKN, Presiden Jokowi juga telah mengesahkan Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara pada 15 Februari 2022.

Menyusul kemudian diterbitkannya Buku Saku IKN oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). 

Kompas.com bersama rombongan Press Tour Proyek Infrastruktur IKN berkesempatan untuk melihat secara langsung progres pembangunan infrastruktur dasar di IKN.

Seperti apa progresnya kini? Selanjutnya baca di sini Menjajal Jalur Laut Menuju IKN, Potensi Wisata Baru di Kalimantan Timur

Salah satu ciri khas menjelang perayaan Imlek adalah meriahnya dekorasi di berbagai sudut kota, terutama di kawasan pecinan atau china town.

Beberapa pecinan yang cukup tersohor di Indonesia, seperti Petak Sembilan Glodok, Pecinan Singkawang, dan Pecinan Semarang, tentu sudah ramah dikunjungi, terutama bagi mereka yang ingin berburu pernak-pernik imlek.

Namun, tahukah Anda di mana letak pecinan tertua di dunia? Jawabannya bukan di Amerika Serikat, melainkan di negara tetangga Indonesia, yakni Filipina.

Adalah Pecinan Binondo yang berlokasi di Binondo, sebuah distrik di ibu kota Filipina, Manila.

Seperti apa sejarah kawasan pecinan tertua di dunia ini? Selengkapnya bisa Anda baca di sini Mengenal Binondo, Kawasan Pecinan Tertua di Dunia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com