Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Esta Corporations Gandeng Plastic Bank, Cegah 20.000 Sampah Plastik Masuk ke Laut

Kompas.com - 21/01/2023, 13:29 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Esta Corporations resmi berkolaborasi dengan Plastic Bank untuk mencegah polusi plastik di lautan.

Kolaborasi ini ditandai dengan peresmian kerja sama kedua belah pihak pada 20 Januari 2023 di Bogor.

Keduanya menargetkan akan mengumpulkan lebih dari 20.000 kilogram sampah plastik atau jumlah ini setara dengan 1 juta botol plastik ukuran 500 ml agar tidak sampai mencemari lautan.

"Kami bekerja sama dengan Plastic Bank karena kami menyadari bahwa polusi plastik merupakan salah satu isu lingkungan yang paling mendesak di Indonesia dan di dunia," ujar Shareholder Esta Corporations Melvin Wangkar, seperti dikutip dari rilis, Jumat (20/1/2023).

Sementara itu, Plastic Bank mengidentifikasi wilayah pesisir pantai di Indonesia membutuhkan infrastruktur pengumpulan sampah plastik dan memberdayakan wirausaha lokal untuk mendirikan cabang pengumpulan sampah plastik.

Baca juga: Pasca G20, Harus Ada Tempat Sampah di Hutan Mangrove Tahura

Plastik yang dikumpulkan oleh anggota pengumpulnya dapat ditukarkan dengan pemasukan tambahan dan berbagai manfaat lainnya seperti asuransi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, konektivitas digital dan layanan perbankan.

"Sebagai penghasil polusi plastik di laut terbesar kedua di dunia, Indonesia sangat membutuhkan perusahaan-perusahaan untuk mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang plastik di negara ini," kata Country Manager Plastic Bank Indonesia Frederick Saman.

Kemitraan ini juga sekaligus mengurangi kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir pantai Indonesia.

"Kami sangat senang menyambut Esta Corporations untuk bergabung dalam misi kami yaitu menjadi Pahlawan Samudra atau Ocean Stewardship guna memberdayakan komunitas untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik," imbuh Frederick Saman.

Sebagai informasi, bersama 13.000 anggota pengumpul plastik, Plastic Bank Indonesia telah mencegah 38 juta kilogram sampah plastik dari pencemaran di pantai dan lautan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com