Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, 63.000 Tiket Kereta Api dari Jakarta Terjual

Kompas.com - 20/01/2023, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 63.000 tiket kereta api (KA) jarak jauh keberangkatan periode 20-23 Januari 2023 dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen telah terjual.

Berdasarkan keterangan resmi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, 26.000 merupakan tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 37.000 tiket keberangkatan dari Stasiun Pasar senen.

Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung.

Untuk tanggal 20-23 Januari 2023, terdapat sebanyak 57-60 KA jarak jauh per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Volume penumpang berangkat pada momen libur Imlek dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi akan terjadi pada Jumat, 20 Januari 2023 dengan layanan 58 KA beroperasi, serta 28.000 penumpang telah melakukan pemesanan tiket.

Rinciannya, sekitar 11.500 merupakan volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 29 KA.

Kemudian sekitar 16.500 lainnya volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 29 KA.

Baca juga: Demi Pengoperasian LRT Jabodebek dan Kereta Cepat, Kemenhub Gaet Konsultan Inggris

Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan mengingat proses pemesanan tiket masih dapat dilakukan.

Terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti di antaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memerhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan anak usia 6-12 tahun.

Saat ini anak usia tersebut yang belum divaksin tetap dapat naik KA dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com