Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ditunjuk Jadi Ketua Panitia Forum Air Dunia 2024, Ini Alasannya

Kompas.com - 19/01/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai Ketua Panitia penyelenggaraan World Water Forum (WWF) atau Forum Air Dunia ke-10 tahun 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah pun membeberkan penunjukkan Luhut sebagai Ketua Panitia forum global tersebut.

"Pak Menko (Luhut) itu sekarang Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional. Nah kan, forum stakeholder (pemangku kepentingan) tertinggi itu Dewan SDA Nasional, ketuanya pak Menko-Marves," tutur Zainal di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Oleh karena itu, kata Zainal, penandatanganan terkait WWF tahun 2024 yang diselenggarakan oleh World Water Council dilakukan oleh Luhut.

Luhut juga menandatangani pelaksanaan forum tersebut bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Ketua Harian.

Baca juga: Forum Air Dunia X Digelar di Bali, Basuki Ajak 100.000 Peserta

Sedangkan Gubernur Provinsi I Wayan Koster ditunjuk sebagai Wakil Ketua Harian pelaksanaan WWF tahun 2024.

Panitia Nasional penyelenggaraan WWF ke-10 ini tidak hanya lintas kementerian, tapi juga dari Pemerintah Provinsi (Pemprov).

WWF sendiri merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan dan penanganan masalah air.

Forum yang dilaksanakan pada tahun ke-10 ini akan digelar pada 18 Mei 2024-24 Maret 2024 yang nanti mengusung tema “Water for Shared Prosperity”.

Sebelumnya, telah dilaksanakan forum serupa yang ditujukan kepada stakeholders (pemangku kepentingan) nasional dari unsur pemerintah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), kelompok masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan lain-lain.

Forum yang diselenggarakan pada ini dihadiri oleh organisasi internasional, kedutaan besar negara lain di Indonesia, LSM, publik, serta media internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com