Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Huntap Tahap II bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur Kelar Dibangun

Kompas.com - 17/01/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak enam unit Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) sebagai hunian tetap (huntap) tahap II bagi warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat terbangun.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (16/1/2023), sisanya atau 54 unit sudah terinstal, 50 unit tertutup atap, 82 tertangani dan sudah siap proses pembangunannya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, saat ini proses pembangunan huntap tahap II untuk masyarakat Cianjur yang terdampak bencana alam gempa bumi sedang berlangsung.

"Kami targetkan sebanyak 151 unit huntap dengan teknologi rumah tahan gempa RISHA akan bisa dibangun di atas lahan 1,9 hektar yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat,” terangnya.

Iwan menerangkan, pembangunan huntap tersebut akan terus dikebut agar bisa digunakan untuk relokasi masyarakat yang rumahnya rusak dan berada di jalur sesar aktif Cugenang.

Baca juga: 151 Huntap Tahap II Dibangun untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Pihaknya juga menunjuk kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero) dan Manajemen Konsultan PT Indah Karya (Persero) untuk melaksanakan pembangunan huntap tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Perumahan Kementerian PUPR M Hidayat juga melakukan kunjungan lapangan ke lokasi pembangunan huntap tahap II di Kecamatan Mande, Jumat (13/1/2023).

Pembangunan huntap dilaksanakan dengan menggunakan teknologi rumah tahan gempa dengan metode RISHA di Desa Cipeujeuh, Desa Murnisari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur di atas lahan 1,9 hektar.

Adpaun kondisi lokasi pembangunan RISHA tersebut sebanyak 40 persen merupakan lahan datar dan 60 persen lahan berkontur.

Rencananya, Kementerian PUPR juga akan melengkapi bangunan tersebut dengan sumur bor dan jaringan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com