Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embung Pertama di IKN Ditarget Beres Akhir Januari Ini

Kompas.com - 11/01/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR terus menggenjot pembangunan embung pertama di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Mengutip informasi dari unggahan akun Instagram resmi Kementerian PUPR pada Rabu (11/01/2023), pembangunan Embung Mentawir ditargetkan selesai pada akhir Januari 2023.

Embung ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa pembangunan IKN akan diawali dengan merehabilitasi hutan hutan yang ada di sekitar kawasan yang bertujuan untuk mengembalikan identitas Kalimantan sebagai hutan tropis.

Sehingga pemerintah menyiapkan Pusat Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk penghijauan kawasan IKN yang nantinya akan memproduksi sekitar 15 juta-20 juta bibit pohon.

Baca juga: Ternyata IKN Bakal Punya Empat Jenis Jalur Sepeda, Ini Daftarnya

Untuk itu, Kementerian PUPR memberi dukungan dengan membangun Embung Mentawir sebagai prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon tersebut.

Pemanfaatan air baku ini bersumber dari embung yang berkapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 7,28 hektar.

Sementara volume tampungan embung direncanakan mampu mendukung pemanfaatan pengambilan air berkapasitas 60 liter per detik.

Dibangun dengan kedalaman 2,5 meter, Embung Mentawir memanfaatkan air Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian selebar 5 meter dengan kedalaman 0,5 meter hingga 1 meter dan debit 225 liter/detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com