Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Transportasi Publik, Bandung Masih Tertinggal Jauh

Kompas.com - 08/01/2023, 13:47 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kota Bandung sedang banyak diperbincangkan di media sosial belakangan ini. Pasalnya, terdapat beberapa keluhan dari publik mengenai kepadatan kendaraan dan minimnya transportasi publik di ibu kota Jawa Barat ini.

Perbincangan kemudian merembet hingga banyaknya fasilitas publik lainnya yang dibangun oleh pemerintah setempat.

Padahal, masyarakat menilai warga Kota Bandung dan Jawa Barat lebih membutuhkan transportasi umum ketimbang fasilitas publik yang sudah banyak tersedia. 

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN/APBD) diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan membangun fasilitas publik yang lebih mendesak. 

Kota Layak Huni, Bila Kebutuhan Warganya Terpenuhi

Berkaca pada indeks kelayakan kota untuk ditinggali menurut Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia, kedua pembangunan ini bersifat penting untuk menciptakan sebuah kota layak huni.

Kota Layak Huni

Untuk menciptakan kota layak huni, terdapat lima faktor penting yang menjadi tolok ukur, yaitu ketersediaan sumber daya, fasilitas publik, ruang publik, keamanan, faktor pendukung ekonomi, dan sanitasi.

Ketua IAP DKI Jakarta Adhamaski Pangeran menambahkan, kelayakan hunian juga mulai melirik faktor lingkungan hijau.

Balikpapan, Kota Paling Layak Huni di Indonesia

Berdasarkan data terakhir indeks kelayakan kota IAP tahun 2018, Kota Bandung masuk dalam kategori di bawah rata-rata sebagai kota yang nyaman untuk ditinggali.

“Tahun 2017, Bandung dan Jakarta itu masuk average tier city. Waktu itu yg masuk top tier city adalah Solo, Palembang, Balikpapan, Denpasar, Semarang, dan Tangerang Selatan,” jelas Adhamaski saat dihubungi Kompas.com (7/1/2023).

Menurutnya, kota dengan angka penduduk yang tinggi memang lebih sulit untuk dapat dikategorikan sebagai kota layak huni.

Mengingat Bandung adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat, kota pelajar, dan salah satu destinasi wisata, tidak heran jika kota yang satu ini ramai penduduk dan pengunjung.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung untuk meningkatkan kualitas hunian adalah dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi umum.

Hal ini bisa dilakukan dengan menambah jumlah angkutan, meningkatkan transit antar-moda, dan kenyamanan pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com