Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Super Prioritas, 5 Ruas Jamula Kembali Diresmikan Bupati Lamongan

Kompas.com - 06/01/2023, 06:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi kembali meresmikan ruas jalan, yang termasuk dalam program super prioritas Jamula (jalan mulus dan alus Lamongan).

Lima ruas jalan yang diresmikan pada Kamis (5/1/2023), berada di Kecamatan Deket, Glagah dan Karangbinangun.

Meliputi ruas Jalan Soko-Deket, Soko-Karangbinangun, Soko-Dagang, Tunjungmekar-Sambopinggir dan juga Sidokumpul-Tunjungmekar.

"Alhamdulillah, program prioritas Jamula yang direncanakan pada 2022 bisa terealisasi. Ada 41 ruas jalan (total), termasuk beberapa jalan yang kita resmikan hari ini. Mudah-mudahan seluruh infrastruktur ini baik, jalannya baik, mulus, lancar semua," ujar Yuhronur dalam agenda peresmian, Kamis (5/1/2023).

Baca juga: Resmikan Jalan Tikung-Sumberkerep, Bupati Lamongan Sebut Jamula Proyek Percontohan

Yuhronur juga meminta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lamongan Heru Widi, untuk segera memasang lampu penerangan di sekitar jalan.

Kendati untuk tahun ini, masih tetap akan dilaksanakan berbagai perbaikan, pelebaran jalan, hingga pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT).

"Sementara yang masih kurang nanti akan dilanjutkan, pokoknya tuntas semua jalan. Di beberapa titik akan diperkuat dengan TPT, diperluas juga, diberikan lampu untuk penerangan. Ini sekaligus upaya untuk penanganan banjir, semoga tidak lagi dan Jamula ini dapat memberikan multiplayer effect di berbagai bidang," kata Yuhronur.

Kepala Dinas PU Bina Marga Lamongan Sujarwo menambahkan, untuk ruas Jalan Deket-Soko dilakukan peningkatan dengan panjang 1.109 meter dan lebar 6 meter, juga panjang 504 meter dan lebar 4 meter, dengan pembiayaan bersumber dari APBD perubahan 2022.

Ada pula pemeliharaan berkala di Jalan Deket-Soko, dengan panjang 668,5 meter dan lebar 6 meter.

Ruas Jalan Karangbinangun-Soko ada peningkatan jalan sepanjang 600x6 meter dan pelebaran 600x1 meter di dua sisi, peningkatan Jalan Soko-Dagang sepanjang 2.341x4,5 meter dan 770x6 meter.

Kemudian, peningkatan Jalan Sambopinggir-Tunjungmekar sepanjang 1.177,70x4 meter, peningkatan Jalan Sidokumpul-Tunjungmekar sepanjang 350x5,7 meter (CBC), 500x4,5 meter (aspal) dan 889x4 meter (CBC).

Tidak hanya meresmikan beberapa titik ruas Jamula, dalam perjalanan dari satu titik ke ruas lain Yuhronur juga sekaligus melakukan pengecekan infrastruktur jalan.

Melihat langsung jalan mana saja di wilayah tersebut yang dinilai sangat membutuhkan untuk perbaikan, dengan bakal diupayakan pada tahun ini.

Yuhronur juga sempat melakukan tinjauan pada mobil pump milik Dinas PU SDA Lamongan, meninjau pembangunan jalan dusun Desa Soko, serta meninjau rencana pembangunan ruas Jalan Priyoso-Windu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com